Pohon Berusia Ratusan Tahun Ditebang


Kamis, 14 April 2016 - 02:59:29 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, melalui Kantor Lingkungan Hidup (KLH) dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menebang dua pohon asam yang sudah berumur ratusan tahun.

Dua pohon asam yang berapa di depan kantor Pos Batusangkar dan Komplek Sekolah Muhammadiyah Batusangkar terpaksa ditebang,” kata Kepala kantor Lingkungan Hidup Tanah Datar, Viveri di Pagaruyung, Jumat (8/4).

Ia menyebut Kota Batusangkar secara bertahap akan dibenahi dengan cara mem­bersihkan atau menebang beberapa pohon tua yang berpotensi menyebabkan bencana. Dengan cara memangkas dahan pohon yang dikhawatirkan patah.

Pohon asam tersebut diprediksi telah berumur ratusan tahun sejalan dengan pembangunan Benteng Vander Capellen oleh penjajahan Belanda yang  dibangun pada 1824, di Batusangkar.

Ia menyebutkan dua pohon tersebut merupakan salah satu bukti sejarah Kota Batusangkar, terpaksa ditebang karena tumbuhan induknya telah lama mati dan ditumpangi oleh pohon Baringin.

Karena kondisi pohon yang telah berlu­bang dan berada di tepi jalan raya sehingga nanti dapat membahayakan masyarakat Tanah Datar yang melewatinya , sehingga diputuskan untuk ditebang saja .

Pihaknya akan mengganti dengan bebe­rapa pohon yang sesuai dengan fungsinya sebagai paru-paru kota dan pohon pelin­dung., agar suasana Kota Batusangkar terasa sejuk pada musim panas dan warga terhindar dari teriknya mata hari secara langsung.(h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:10:52 WIB

    Jalan Lintas Sumatera di Agam Ditanam Pohon Pelindung

    Jalan Lintas Sumatera di Agam Ditanam Pohon Pelindung HARIANHALUAN.COM - Kawasan jalur lintas Sumatera di wilayah Kabupaten Agam menjadi pusat perhatian bagi pemerintah daerah, terutama dalam penataan dan pemberian kesan yang nyaman dan indah di sepanjang jalur jalan tersebut..
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 15:47:17 WIB

    Puskesmas Sungai Durian Tanam 100 Pohon Daun Kelor di Desa Santur

    Puskesmas Sungai Durian Tanam 100 Pohon Daun Kelor di Desa Santur HARIANHALUAN.COM - Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Barangin kota Sawahlunto lakukan gerakan menanam seratus pohon Kelor di Desa Santur. Daun kelor merupakan super food mengandung antioksidan, dan mengandung gizi tinggi yang.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 20:02:39 WIB

    Korban Pohon Tumbang di Pasbar Dapat Bantuan dari Kapolres

    Korban Pohon Tumbang di Pasbar Dapat Bantuan dari Kapolres HARIANHALUAN.COM -- Kapolres Pasaman Barat (Pasbar) AKBP. Sugeng Hariyadi bersama Ketua Bhayangkari Cabang Pasbar, Ny. Desi Sugeng Hariyadi didampingi Kabag Sumda Polres Pasbar AKP. Muzhendra, serahkan bantuan kepada satu kel.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 16:37:42 WIB

    Antisipasi Banjir, Hutan Gundul di Solsel Bakal Ditanam 7.500 Pohon 

    Antisipasi Banjir, Hutan Gundul di Solsel Bakal Ditanam 7.500 Pohon  SOLOK SELATAN,HARIAN HALUAN.COM- Mengantisipasi terjadi bencana banjir bandang dan longsor di lokasi hutan yang gundul di Solsel bakal dilakukan penanaman 7.500 bibit pohon. Hal ini disampaikan Sekdakab Solsel, Yulian Efi saa.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 20:00:19 WIB

    Tebing Longsor di Sungai Batang Lampasi, Pohon Beringin Ikut Tumbang

    Tebing Longsor di Sungai Batang Lampasi, Pohon Beringin Ikut Tumbang PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Hujan yang masih terjadi di Limapuluh Kota menyebabkan tebing Sungai Batang Lampasi di wilayah Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota mengalami longsor akibat ba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]