Pohon Berusia Ratusan Tahun Ditebang


Kamis, 14 April 2016 - 02:59:29 WIB
Pohon Berusia Ratusan Tahun Ditebang

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, melalui Kantor Lingkungan Hidup (KLH) dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menebang dua pohon asam yang sudah berumur ratusan tahun.

Dua pohon asam yang berapa di depan kantor Pos Batusangkar dan Komplek Sekolah Muhammadiyah Batusangkar terpaksa ditebang,” kata Kepala kantor Lingkungan Hidup Tanah Datar, Viveri di Pagaruyung, Jumat (8/4).

Ia menyebut Kota Batusangkar secara bertahap akan dibenahi dengan cara mem­bersihkan atau menebang beberapa pohon tua yang berpotensi menyebabkan bencana. Dengan cara memangkas dahan pohon yang dikhawatirkan patah.

Pohon asam tersebut diprediksi telah berumur ratusan tahun sejalan dengan pembangunan Benteng Vander Capellen oleh penjajahan Belanda yang  dibangun pada 1824, di Batusangkar.

Ia menyebutkan dua pohon tersebut merupakan salah satu bukti sejarah Kota Batusangkar, terpaksa ditebang karena tumbuhan induknya telah lama mati dan ditumpangi oleh pohon Baringin.

Karena kondisi pohon yang telah berlu­bang dan berada di tepi jalan raya sehingga nanti dapat membahayakan masyarakat Tanah Datar yang melewatinya , sehingga diputuskan untuk ditebang saja .

Pihaknya akan mengganti dengan bebe­rapa pohon yang sesuai dengan fungsinya sebagai paru-paru kota dan pohon pelin­dung., agar suasana Kota Batusangkar terasa sejuk pada musim panas dan warga terhindar dari teriknya mata hari secara langsung.(h/emz)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]