WNA Denpasar Disidak


Kamis, 14 April 2016 - 03:15:34 WIB
WNA Denpasar Disidak

DENPASAR, HALUAN — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar ber­sama tim gabungan yang terdiri dari imigrasi, ke­po­lisian, TNI dan instansi ter­kait melakukan pengawasan dan inspeksi mendadak ke­ber­adaan warga negara asing (WNA).

Kepala Bidang Keta­ha­nan Bangsa, Kesbangpol Kota Denpasar I Made Su­marsana  mengatakan pe­nga­wasan dan sidak sangat penting bagi WNA untuk mengecek kelengkapan do­kumen selama mereka di Bali, khususnya di Denpasar.

“Dari hasil pengawasan dan sidak, bahwa semua WN­A yang didatangi di daerah tersebut telah memiliki do­kumen yang lengkap seperti surat keterangan tempat tinggal sementara (SKTTS) dan kartu izin tinggal terbatas (Kitas),” kata Sumarsana didampingi Kasubid Keta­hanan Seni, Budaya, Agama, dan Kepercayaan Kesbang­pol Denpasar Andika Putra Manuaba di Denpasar, Bali (13/4).

Sumarsana lebih lanjut mengatakan dari penga­wa­san yang dilakukan di lapa­ngan banyak terdapat WNA yang pensiun mengontrak tanah dalam jangka waktu cukup panjang untuk mem­bangun vila. “Seperti WNA asal Belanda Jacobus Hen­drikus yang mengontrak ta­nah selama 35 tahun. Pen­siunan ini membangun vila dan dikontrakan pada WNA lainnya,” ujarnya.

Dia mengaku kesulitan karena tidak bisa mengetahui transaksi bila WNA lain ada yang menginap di tempat tersebut. Namun dalam sidak ditemukan WNA lain tinggal ditempat tersebut untuk li­buran. Untuk itu diperlukan melakukan pengawasan oleh kepala lingkungan untuk menghindari terjadinya bisnis penginapan secara ilegal karena tidak kena pajak.

“Padahal satu sisi WNA ini tidak boleh melakukan bisnis, mengingat visa mere­ka bukan visa bisnis, mela­inkan visa berlibur atau ber­wisata,” kata Sumarsana.

Kasubid Ketahanan Seni, Budaya, Agama, dan Keper­cayaan Kesbangpol Den­pasar Andika Putra Manuaba menambahkan dalam penga­wasan orang asing di Sanur memang susah untuk mela­kukan pembuktian bila mere­ka melakukan penyewaan vila.

Ke depannya, kata Putra Manuaba, untuk lebih mem­perketat terhadap pengawa­san orang asing di wilayah Kota Denpasar, Badan Kes­bag­pol akan melaksanakan pelatihan terhadap aparat desa untuk membekali pe­nge­tahuan dalam penga­wa­san terhadap orang asing. Disamping juga akan meli­batkan pihak Saba Upadesa bila terjadi permasalahan seperti penyewaan vila terse­but.  (h/rol)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]