SHU Kopkar Pelabuhan Teluk Bayur Rp2,5 Miliar


Kamis, 14 April 2016 - 03:19:12 WIB

PADANG, HALUAN — Kemajuan koperasi karyawan perusahaan swasta atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga sangat ditentukan oleh kebijakan manajemen perusahaan tempat koperasi bernaung, selain kepiawaian pengurus mengelola potensi yang dimilikinya.

Setidaknya hal ini dibuk­tikan oleh Koperasi Karya­wan (Kopkar) Pelabuhan Teluk Bayur, Padang. Kop­kar yang menjalankan lima unit usaha ini mempunyai aset senilai Rp14,7 miliar dan modal anggota sebesar Rp6 miliar.

Kopkar berbadan hu­kum No. 1370/BH-XVII tanggal 24 November 1982 itu, dipercaya sebagai penye­dia jasa tenaga kerja yang ditempatkan di PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur. Usaha menyediakan jasa tersebut dilakukan melalui anak perusahaan  Kopkar tersebut dengan PT Baruna Mandiri. Jumlah tenaga kerja yang ditempatkan di PT Pelindo II sebanyak 200 orang, yang 35 orang di antaranya bekerja di anak  perusahaan PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur. PT Baruna Mandiri merupakan penyumbang Sisa Hasil Usa­ha (SHU) terbesar ko­perasi pada 2015.

“SHU PT Baruna Man­diri mencapai Rp1,33 mi­liar, lebih separuh dari SHU yang diperoleh pada 2015 sebesar Rp2,49 miliar,” kata Ketua Kopkar Pela­buhan Teluk Bayur, Nofri­yanto kepada Tim Penilai Koperasi Berprestasi Sum­bar tahun 2016 di kantor­nya, Jl. Semarang No. 3 Teluk Bayur Padang belum lama ini.

Didampingi Adolf Han­do­ko R (Sekretaris) dan Is­kandar (anggota Badan Pe­nga­was), Nofriyanto men­je­las­kan, selain penye­dia tena­ga kerja, Kopkar Pelabuhan Teluk Bayur juga menja­lan­kan usaha simpan pinjam, unit layanan keber­sihan, unit usaha toko & foto copy, ser­ta unit usaha mobil ren­tal.

Untuk kelancaran ke­gia­tan usaha, pengurus di­ban­tu 19 orang karyawan, 10 orang di antaranya petugas lapangan dan 9 orang mem­bidangi administrasi. Jum­lah anggota Kopkar hingga akhir Desember 2015 seba­nyak 125 orang.

“Sesuai dengan AD/ART, karyawan PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur oto­matis menjadi anggota Kop­kar,” jelas Iskandar.

Unit usaha simpan terba­gi dua, yaitu unit simpan pinjam mandiri yang modal­nya berasal dari Kopkar. Besar pinjaman maksimal yang diberikan kepada ang­gota sebesar Rp150 juta, dengan bunga 1 persen per bulan, dengan jangka waktu pelunasan 5 tahun. Pin­jaman di koperasi ini di atas Rp150 juta, yang ditangani oleh unit simpan pinjam bank, sumber modalnya dari pinjaman bank.

“Masing-masing unit dikelola secara terpisah,” sebut Adolf Handoko R.

Kontribusi SHU unit sim­pan pinjam mandiri se­lama 2015 mencapai Rp­635 juta, lebih besar dari unit sim­pan pinjam bank hanya Rp178 juta. Unit layanan ke­bersihan sebesar Rp448 ju­ta, unit toko dan fo­to copy se­besar Rp122 ju­ta, dan SHU rental mobil se­besar Rp­82,8 juta. “Mobil ren­tal ada 4 unit dan 1 unit mo­bil tangki,” kata No­friyan­to.

Kemajuan yang dialami Kopkar ini juga tak terlepas dari kebijakan manajemen PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur yang telah memberi ruang dan kepercayaan le­bih luas pada koperasi. Ke­per­cayaan itu pula yang tetap dijaga oleh koperasi dengan bekerja secara pro­fes­ional. Bahkan semua te­naga kerja yang ditem­pat­kan di PT Pelindo II Ca­bang Teluk Bayur harus be­bas dari keterlibatan nar­ko­ba.

Menurut Nofriyanto dan Iskandar, dalam kontrak kerja dicantumkan, bila pekerja terlibat menyalah­gunakan narkoba langsung dipecat. Ketika dilakukan uji urine, ternyata enam orang pekerja terindikasi mengkonsumsi narkoba. Konsekuensinya, mereka dipecat. “Hingga kini, su­dah 15 orang diberhentikan dan kini sedang dalam reha­bilitasi di Teluk Bayur,” jelas Iskandar, yang juga Satgas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumbar.

Karena itu, Kopkar Pela­bu­­­han Teluk Bayur juga gen­car melakukan sosia­lisasi pe­nyalahgunaan nar­koba. Bah­kan setiap anggota ko­pe­rasi dan pekerja di ko­pe­ra­si diharapkan ikut ber­pe­ran memberantas pe­re­da­ran dan penya­lah­gu­naan nar­koba di lingkungan tem­pat tinggal masing-ma­sing. “Ka­mi pe­rang terhadap nar­ko­ba,” tegas Iskandar, yang ju­­ga dai kondang Sum­bar. (h/rb)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 08:44:29 WIB

    Koperasi Ikmal Kemenag Sawahlunto Bukukan SHU Rp272 Juta dan Aset Rp3,6 Miliar

    Koperasi Ikmal Kemenag Sawahlunto Bukukan SHU Rp272 Juta dan Aset Rp3,6 Miliar SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Koperasi Ikhkas Beramal (KPRI Ikmal) Kantor Kementrian Agama Kota Sawahlunto membukukan Sisa Hasil Usaha (SHU) 2019 sebesar Rp272 juta. Sementara aset KPRI Ikmal tercatat Rp3,6 miliar, naik 66,6.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 21:29:43 WIB

    RAT Tahun Buku 2019, SHU KPN Tuah Sepakat Tembus Rp1,051 Miliar

    RAT Tahun Buku 2019, SHU KPN Tuah Sepakat Tembus Rp1,051 Miliar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Tuah Sepakat Kabupaten Tanah Datar menggelar rapat anggota tahun tahun buku 2019 di Gedung Nasional, Batusangkar, Kamis (5/3), dihadiri ratusan anggota dari 620 an.
  • Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:55:13 WIB

    PT Suka Fajar Manjakan Konsumen Mitshubishi di Solok

    PT Suka Fajar Manjakan Konsumen Mitshubishi di Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM- PT Suka Fajar Cabang Solok memanjakan relasi bisnisnya dengan mengadakan family gathering di sebuah rumah makan di jalan Hamka Kota Solok Jumat malam (23/8). Acara yang dikemas dalam bentuk Gebyar Wir.
  • Senin, 07 Maret 2016 - 03:54:19 WIB

    SHU Primkoppol Resort Pessel Meningkat 100 Persen

    SHU Primkoppol Resort Pessel Meningkat 100 Persen PAINAN, HALUAN — Anggota Primkoppol Resort Pesisir Selatan (Pessel) memeroleh Sisa Hasil Usaha (SHU) pada tahun buku Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2015. SHU tersebut meningkat 100 persen dari tahun 2014, yakni Rp559,9 juta le.
  • Senin, 15 Februari 2016 - 02:33:51 WIB
    Satukan Pengusaha Lemah

    SHU Kopanbapel Teluk Bayur Padang Rp1,2 Miliar

    SHU Kopanbapel Teluk Bayur Padang Rp1,2 Miliar PADANG, HALUAN — Menyatukan persepsi pemilik dan sopir truk angkutan pelabuhan dengan latar belakang sosial dan karakter “keras” yang beragam dalam wadah koperasi tidaklah mudah. Akan tetapi, bukanlah sesuatu yang ti.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]