Kembangkan Bisnis Perhotelan, Pemko Tawarkan 3 Kawasan


Kamis, 14 April 2016 - 03:19:35 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Setidaknya ada tiga kawasan yang ditawarkan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto untuk di­kembangkan sebagai kawasan bisnis per­hotelan, di antaranya Rest Area Simpang Muarokalaban, Kawasan Puncak Cemara, dan Kawasan Resort Kandi.

Menurut Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal Sawahlunto, Edi Suharto, strategi perce­patan pengembangan ketiga kawasan itu masuk dalam konsep visi kota sebagai kota wisata tambang yang berbudaya. Setidaknya ada empat metode untuk mengembangkan “Heritage Tourism”. Langkah selanjutnya adalah pengembangan aktivitas pariwisata yang menyambung mata rantai nilai tambah yang tinggi serta manajemen tata ruang yang mengacu pada nilai nilai konservasi dan pelestarian dengan melakukan pengem­bangan berkualitas dan pengalaman unik bagi kepuasan wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

“Untuk Resort Kandi, di samping bisnis perhotelan, kami juga menawarkan pe­ngem­bangan destinasi wisata di lahan seluas 393 hektare milik Pemko, di antaranya penataan dan pengembangan  taman satwa Kandi, arena pacuan kuda, area pemacingan dan bumi perkemahan,” ujar Edi Suharto.

Ia menuturkan, Resot Kandi juga bisa dikembangkan untk membangun objek wisata baru seperti museum hutan, pusat olahraga, wahana permainan dan fasilitas lainnya yang diharapkan akan mampu meningkatkan jumnlah hunian hotel yang akan dibangun oleh investor.

Untuk kawasan puncak Cemara, pihak­nya menyediakan lahan pengembangan seluas 15 hektare untuk pembangunan hotel, arena outbound, wisata kuliner, wahana permainan anak dan juga pembangunan jalur skylift. Menariknya, kawasan puncak Cemara ini menawarkan panaroma alama dengan latar cagar budaya warisan nusan­tara, pemandangan alam kota lama Sawah­lunto yang saat ini tengah berjuang menjadi kota tua warisan dunia yang diakui UNES­CO. Sementara untuk wilayah peristi­rahatan Muarokalaban, kata Edi, pihaknya menyediakan lahan seluas 1 hektare, yang lokasinya berada di jalur lintas Sumatera.

“Untuk keberlanjutan atau ketertarikan investor terhadap potensi investasi itu, kami akan memberikan kemudahan baik dari ke­amanan, kepastian hukum, pengurusan pe­rizinan dan lainnya,” imbuhnya. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 20:56:09 WIB

    HKTI Dharmasraya Gerak Cepat Kembangkan Bibit Padi Unggulan

    HKTI Dharmasraya Gerak Cepat Kembangkan Bibit Padi Unggulan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Meski belum dilantik secara resmi, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Dharmasraya sudah bergerak cepat bersama Dinas Pertanian, HKTI mengunjungi demplot padi M 70 D, di Kelompo.
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 13:47:32 WIB

    Batik Sampan Kota Pariaman Dikembangkan Menjadi Souvenir

    Batik Sampan Kota Pariaman Dikembangkan Menjadi Souvenir PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Batik Sampan Pariaman selain diproduk sebagai fashion juga dikembangkan untuk sovenir, sehingga ketersediaanya makin beragam sesuai selera pasar.
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 08:33:17 WIB

    Makin Canggih..! Kominfo Rangkul PSE Kembangkan UMKM Go Online

    Makin Canggih..! Kominfo Rangkul PSE Kembangkan UMKM Go Online JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong perusahaan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan over the top (OTT) untuk mendukung pengembangan UMKM Go Online..
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:15:19 WIB

    Mentawai Kembangkan Sirup Buah Pala

    Mentawai Kembangkan Sirup Buah Pala MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Puluhan ibu-ibu masyarakat Desa Goso'oinan, Kecamatan Sipora Utara mendapatkan pelatihan dari Dinas Pangan Sumbar yang menggandeng Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumbar,.
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 18:42:04 WIB

    NPM Vircansa Kembangkan Sayap Ke Riau

    NPM Vircansa Kembangkan Sayap Ke Riau PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—PT.NPM Vircansa berencana akan kembangkan sayap ke Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Rencana tersebut tentunya menjadi angin segar bagi penggemar fanatik BIS Mania yang telah hadir sejak tahun 1.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]