Selamat untuk Limapuluh Kota


Kamis, 14 April 2016 - 03:21:34 WIB
Selamat untuk Limapuluh Kota

Hari Rabu tanggal 13 April 2016 Kabupaten Limapuluh Kota berusia 175 tahun.  Pemerintahan Kabu­paten Limapuluh Kota lahir berdasarkan pada Besluit No. 1 yang dikeluarkan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 13 April 1841 silam.

Kita ucapkan selamat kepada segenap lapisan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota yang kemarin berulang tahun. Selamat juga kepada pemimpin daerah ini, Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan yang dilantik oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menjadi Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 17 Februari lalu.

Seperti diungkapkan Wakil Bupati Ferizal Ridwan, Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-175 ini dimaknai dengan ketulusan dan perbuatan. Para penyelenggara pemerintahan dituntut terus bekerja dengan ketulusan serta melakukan yang terbaik bagi kelangsungan hidup masyarakatnya. Harapan masyarakat Kabu­paten Lima­puluh Kota yang terdiri atas  410 jorong, 79 nagari dan 13 kecamatan tentu sangat besar kepada duet Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan untuk bisa membawa daerah ini lebih maju.

Kabupaten Limapuluh Kota yang memi­liki luas 3.354,30 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 350.000 jiwa mempunyai potensi besar di bidang pertanian dan perkebunan. Kabupaten ini terkenal dengan tanaman gambir yang sangat luas. Tanaman gambir ini terdapat Kecamatan Kapur IX yang tersebar menyeluruh di 7 nagari.

Konon Limapuluh Kota merupakan pengasil gambir terbesar di Indonesia. Selain itu, juga ada sumber daya alam seperti karet, semen dan kayu lapis yang juga termasuk dalam komoditas utama ekspor di Sumatera Barat.

Saat ini Kabupaten Limapuluh Kota juga terkenal sebagai penghasil jeruk dengan kualitas bagus dari Gunuang Omeh. Nama jeruknya jesigo (jeruk siam Gunuang Omeh). Selain rasanya manis, jeruk ini bentuknya juga bagus sehingga menarik selera orang untuk mencobanya. Sejak setahun belakangan nama jeruk jesigo memang sudah terkenal. Betapa tidak, jeruk ini sudah merambah mal-mal besar baik di Sumbar maupun Riau. Harga jeruk ini pun lebih tinggi dibanding jeruk-jeruk lainnya.

Total luas kebun jeruk je­sigo di Gunung Omeh seki­tar 700 hektare. Kebun itu mi­lik para petani yang terga­bung dalam 102 kelompok ta­ni. Masing-masing petani ra­ta-rata punya 100 hingga 400 ba­tang jeruk jesigo. Gunuang Omeh juga mempu­nyai sum­ber daya alam berupa tambang emas yang bisa memberikan manfaat untuk kepenti­ngan masyarakat dan daerah ini. Bahkan departemen pertambangan menye­but di daerah ini masih memiliki cadangan bahan galian logam mulia sekitar 1,25 ton bijih emas dan perak dengan kadar rata-rata 6 gram/ton dan 100 gram/ton perak.

Belum lagi sejumlah objek wisata yang juga tak kalah perannya untuk meraup uang. Apalagi, secara gerografis Kabupaten Limapuluh Kota sangat beruntung berteng­ga dengan Provinsi Riau. Hasil-hasil pertanian daerah ini bisa dijual dengan biaya relatif murah ke daerah tetangga.

Masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota tentunya sangat berharap kepada pemimpin baru, Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan bisa memainkan peran yang optimal untuk kemajuan daerah. Bisa menggali potensi-potensi perekonomian baru untuk mening­katkan kesejahteraan masyarakat­nya. Tentunya diperlukan ketulusan dan kerja keras untuk memberikan hasil yang terbaik bagi masyarakat yang dipimpinnya.

Selamat ulang tahun ke-175 semoga Kabupaten Limapuluh Kota lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera. ***

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]