Enam Sekolah Ikuti UNBK SMP


Kamis, 14 April 2016 - 03:38:06 WIB

PADANG, HALUAN —Se­kre­taris Panitia Ujian Nasional (UN) Irman mengatakan, ta­hun ini terdapat enam Sekolah Me­nengah Pertama (SMP) yang melaksanakan Ujian Nasio­nal Berbasis Komputer (UNBK).

Sekolah yang mengikuti UNBK tersebut diantararanya, SMPN 2 Padang Panjang, SM­P­N 2 Sawahlunto, SMPN 1 Payakumbuh, SMP Islam Rau­dhatul Jannah Payakumbuh, SMPN 2 Sungai Pua Ka­bu­paten Agam, dan SMPN 1 Tj Raya Kabupaten Agam.

Persiapan pelaksanaan UN­­BK yang sudah dilakukan di antaranya pelatihan untuk tingkat provinsi ke pusat mau­pun kabupaten kota. Ke­mu­dian H-2 nanti Kementerian Pendidikan akan melakukan sinkronisasi ke masing-masing tractor (pihak yang bertang­gung­jawab terhadap UNBK di sekolah terkait teknis) yang ada di sekolah, untuk uji coba token atau password UNBK.

“Nanti pusat akan lakukan sinkronisasi dengan me­ngi­rimkan kode ke tractor yang ada di masing-masing sekolah, ada istilahnya token. Jadi, sebelum muncul ke soal UN maka harus masuk terlebih dahulu ke program UN­BK ini yang ada passwordnya,” ujar­nya, Rabu (13/4).

Untuk jumlah peserta UN SMP sederajat tahun 2016 sebanyak 94.081 orang, yang terdiri dari siswa SMP 67.957, MTS 26.124, dan jumlah pe­serta paket B 3.094 orang siswa. Sementara itu, jumlah sekolah yang mengikuti UN untuk SMP terdapat 764, MTS 394, dan paket B 92 sekolah.

Untuk distribusi soal dari Kudus sudah sampai Selasa sore (13/4) di gudang Dinas Pendidikan Provinsi, dan saat ini dikawal oleh pihak ke­poli­sian. Sementara itu, soal UN akan didistribusikan terlebih dahulu ke Kabupaten Ke­pu­lau­an Mentawai satu minggu sebelum pelaksanaan UN ka­rena mengingat kondisi geo­grafis daerah tersebut.

“Untuk distribusi soal di kota akan dilaksanakan satu atau dua hari sebelum pelak­sanaan UN, nanti dari provinsi akan ada serah terima soal pada sekolah,” ujarnya. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]