Dari 559 Permohonan

TRTB Baru Terbitkan 215 IMB


Kamis, 14 April 2016 - 03:40:38 WIB

PADANG,HALUAN—Selama triwulan I/2016 atau dari Januari hingga Maret 2016, Dinas Tata ruang tata Bangunan  dan Perumahan (TRTBP) Kota Padang telah menerbitkan 215 Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Sementara itu jumlah per­mohonan yang masuk seba­nyak 559. Sisanya belum di­proses karena belum meleng­kapi data serta ada yang dito­lak lantaran berada di ka­wasan lindung.

Demikian dikatakan Yeni Yuliza selaku Sekretaris Dinas TRTBP Kota Padang ketika dikonfirmasi Haluan di ruang kerjanya, Rabu (13/4).

Lebih jauh diungkapkan Yeni, berdasarkan realisasi PAD TRTB, sampai 8 April 2016 ini, TRTBP telah merea­lisasikan 22,53% dari target IMB . Sebagai pembanding, realisasi PAD TRTBP pada 2015 mencapai 104,48%.

Yeni Yuliza menekankan, di samping target PAD, tugas utama TRTBP ialah untuk menata kota lebih baik. Ter­kait pengurusan IMB, ia men­jelaskan, banyaknya meka­nisme yang dilalui pemohon untuk mendapatkan IMB saat ini karena satu laporan harus melewati hingga tiga hal di antaranya tata bangunan, perizinan dan tata ruang.

“Kedepannya, kami ber­harap cukup melewati satu bidang perizinan saja. Selain itu, TRTBP juga kekurangan tim untuk melihat ke lapangan dan pengurusan IMB  SOP­nya berlasung selama 21 hari kerja, itu jika seluruh ber­kasnya lengkap,” tutur Yeni.

Dilanjutkan Yeni, Hen­daknya masyarakat dalam membangun memperhatikan kawasan budiaya dan kawasan lindung seperti hutan lindung, hutan kota, sepadan sungai serta sepadan Laut.

“Sebab untuk kawasan tersebut TRTBP jelas tidak akan memberi Izin,” tambah Yeni.

Dikatakannya juga, karena kekurangan tenaga pemantau banyak masyarakat yang lan­sung mendirikan bangunan tanpa mengurus IMB.

“Kami imbau masarakat untuk mengurus IMB-nya,  karena selain berguna untuk menata kota kedepannya agar lebih baik, IMB juga akan meningkatkan nilai jual dari bangunan tersebut.

Seandainya nanti si pem­beli ingin menjual bangu­nannya, tentunya si calon  pembeli akan menanyakan IMB-nya,” ungkas Yeni.(h/mg-ysn) 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 09 November 2016 - 00:15:06 WIB

    Hingga November 2016, TRTB Terima 1.152 Permohonan IMB

    PADANG, HALUAN — Jumlah pemohon izin mendirikan ba­ngu­nan (IMB) di Kota Padang terus meningkat setiap tahun. Tahun ini, berdasarkan catatan Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Padang, dari Januari hingga 8 Nov.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:59:03 WIB
    OMBUDSMAN MINTA PENCEGAHAN PEMUKIMAN DI TEPI REL

    PT KAI-TRTB Saling Lempar Tanggungjawab

    PADANG, HALUAN — Penyelesaian permasalahan penyewaaan tanah PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk pembangunan rumah permanen, dinilai Ombudsman Perwakilan Sumbar, masih jalan ditempat. Padahal, persoalan itu sudah mencuat se.
  • Senin, 25 Januari 2016 - 04:27:14 WIB
    Selama 2015

    TRTB Terbitkan 948 IMB

    PADANG, HALUAN — Dinas Tata Ruang Tata Bangunan dan Perumahan Rakyat (TRTB-PR) Kota Padang menerbitkan sebanyak 948 Izin Mendirikan Bangunan (IMB) selama tahun 2015..
  • Kamis, 23 Juli 2015 - 19:21:07 WIB

    5 Pemilik Tak Penuhi Panggilan TRTB

    PEMILIK JANJI BONGKAR SENDIRI

    PADANG,HALUAN — Sebanyak 29 pemilik ba­ngunan yang berada di jalur dua Bypass, Keca­matan Koto Tangah telah berjanji ak.

  • Selasa, 07 April 2015 - 19:28:15 WIB

    TRTB Kewalahan Urus Rusunawa

    PADANG, HALUAN —Fe­no­mena yang terus meradang tanpa ada titik terang di Ru­mah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Purus Padang membuat gejolaknya tak kun­jung usai. Salah satu penyebab utamanya adalah .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]