Istri Panglima Kenakan Pakaian Adat


Kamis, 14 April 2016 - 03:43:13 WIB
Istri Panglima Kenakan Pakaian Adat ISTRI-ISTRI Panglima yang datang berkunjung ke Museum Adityawarman saat Sail Komodo di Padang, Selasa (12/4). (WINDA)

PADANG, HALUAN — Museum Adityawarman dalam Sail Komodo berpartisipasi penuh saat istri-istri panglima kunjungi Museum, Selasa (12/4) pagi dengan melakukan berbagai macam penyambutan. Ada sekitar delapan negara dari lebih 30 negara tersebut yang datang berkunjung.

Kepala Museum Adityawarman Sumbar Noviyanti yang setia mene­mani kunjungan tersebut me­nga­takan, delapan ibu-ibu panglima tersebut datang dan disambut dengan atraksi budaya dari beberapa daerah. Kemudian, semuanya di ajak ber­kunjung ke Museum sambil mem­perkenalkan satu per satu pe­ning­galan sejarah Sumbar.

“Kita melakukan penyambutan ini sudah sangat matang dan tota­litas. Ibu-ibu panglima juga ber­kesempatan mendapatkan kain tenun sebagai cindra mata dari museum. Tidak hanya itu, semuanya ditemani oleh guide museum yang menjelaskan peninggalan sejarah kebudayaan minangkabau,” ulas Novi.

Dikatakannya, wanita-wanita dari beragam negara tersebut juga disuguhkan dengan cara pembuatan tenun yang sedang berjalan. Setelah itu, semua ibu panglima juga di­berikan kesempatan memakai pa­kaian adat minang yang ada di Sumbar.

“Semuanya sudah siap dan tera­tur sehingga kunjungan tersebut sangat berkesan bagi kita semua dan negara luar tentunya. Kita juga membawa ke monumen gempa untuk memperlihatkan foto-foto dan vidio gempa 2009 silam. Setelah itu, tidak lupa juga istri-istri tersebut melakukan menanam bunga ber­sama,” terangnya.

Salah seorang istri panglima dari negara Malaysia yang mewakili semua istri yang hadir saat kunjungan

mengatakan sangat takjub dan antusias dengan penyambutan yang dilakukan. Kemudian, Indonesia khususnya Sumbar memiliki kha­sanah budaya yang memukau serta peninggalan sejarah yang patut di­apresiasikan.

“Terimakasih dengan acara yang telah dipersiapkan serta oleh-oleh yang diberikan. Jika masih ada kesempatan kita akan kembali ber­kunjung ke sini,” katanya. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]