Selama MNEK 2016

Nelayan Purus Diarahkan ke Pariaman


Kamis, 14 April 2016 - 03:43:50 WIB
Nelayan Purus Diarahkan ke Pariaman Para nelayan melaut di perairan Kota Padang. Selama Iven MNEK 2016, para nelayan diarahkan untuk melaut ke arah Utara dan diimbau agar menjaga jarak dengan kapal-kapal yang ikut iven MNEK 2016.

PADANG, HALUAN — Salah seorang dari organisasi nela­yan Benteng Purus (Benpur), Nas­rul (36) mengatakan se­lama kegiatan MNEK 2016, nelayan dilarang untuk me­laut. Seluruh pesisir pantai harus steril dari kegiatan nelayan.

“Memang benar kami pa­ra nelayan tidak diizinkan untuk melaut sementara wak­tu sela­ma empat hari yaitu mulai tanggal 12-16 april 2016. Sete­lah itu kami baru boleh melaut kembali,” katanya.

Mengenai nasib nelayan yang tidak melaut selama empat hari ini, Nasrul men­jelaskan pihak angkatan laut telah du­duk satu meja dengan para nelayan dan akan menin­dak­lanjuti nasib nelayan sel­ama tidak melaut.

Akan tetapi sampai hari ini (kemarin-red) belum ber­temu kesepakatan bagaimana solusi terbaik untuk nelayan. 

“Selama dua hari ini (Ke­­marin dan lusa-red) kita sudah duduk satu meja de­ngan pihak Angkatan Laut dan dinas peri­kanan ba­gai­mana jalan keluar atas nasib nelayan yang tidak di­per­bolehkan melaut ini.

Namun, sampai sekarang solusinya masih belum kete­mu. Besok (hari ini-red) kita duduk kembali satu meja dan mudah-mudahan tercapailah solusi mengenai persoalan ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Di­nas Perikanan dan Kelautan Kota Padang, Zalbadri mem­bantah adanya pelarangan nelayan untuk melaut. Hanya saja, nelayan diarahkan untuk mencari ikan kearah utara (Pariaman).

Jikapun ingin melaut, ne­layan harap menjaga jarak dengan kapal-kapal yang ikut berpartisipasi dalam acara MNEK 2016. .

“Nelayan boleh melaut. Tidak ada yang melarang mere­ka mencari rejeki selama acara komodo 2016 ber­lang­sung. Hanya saja kita arahkan mere­ka ke arah utara yaitu kearah Pariaman.

Jika tetap ingin mencari ikan disekitar perairan Kota Padang, harap menjaga jarak dengan kapal-kapal yang ber­partisipasi dalam acara ko­modo 2016 ini,” kata Zal­badri kepada Haluan di rua­ngannya, kemarin (12/4).

Ia juga mengatakan dalam acara yang melibatkan 35 negara ini tidak ada latihan perang/militer. Melainkan acara simulasi siaga bencana, kesehatan dan sosial lainnya. Diharapkan nelayan jangan takut untuk melaut.

 “Acara Komodo 2016 ini serangkaian kegiatan anti­sipasi bencana, kerja sama dibidang kesehatan dan sosial lainnya. Tidak ada latihan perang atau kegiatan militer lainnya. Jadi di­harapkan nela­yan jangan takut untuk me­laut,” ka­tanya. (h/mg-ang)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Juni 2020 - 11:52:04 WIB

    Cuaca Cerah, Nelayan Pantai Puruih Kembali Melaut

    Cuaca Cerah, Nelayan Pantai Puruih Kembali Melaut HARIANHALUAN.COM - Setelah mandeg selama 2 (dua) hari terakhir karena dilanda cuaca ekstrem disertai badai, sejumlah nelayan di Pantai Puruih, Kota Padang pada Senin (15/6/2020) sudah kembali melaut. Pasalnya, kondisi ombak .
  • Rabu, 12 September 2018 - 21:59:21 WIB

    Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu

    Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat mengapresiasi langkah kelompok pengabdian masyarakat Jurusan Tenik Elektro, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) membantu pemasangan solar sell di.
  • Ahad, 29 Juli 2018 - 12:22:17 WIB

    Nelayan Pasia Nan Tigo Peroleh Bantuan 16 Biduak

    Nelayan Pasia Nan Tigo Peroleh Bantuan 16 Biduak PADANG,HARIANHALUAN.COM-Nelayan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, menerima 16 biduak (sampan) untuk dua kelompok nelayan, Ahad (29/7)..
  • Kamis, 02 November 2017 - 11:43:23 WIB

    Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan

    Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat nelayan, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang menggelar sosialisasi keselamatan kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut wilayah kerja.
  • Rabu, 03 Mei 2017 - 01:45:09 WIB

    Nelayan Yang Hanyut di Pulau Pisang Belum Ditemukan

    PADANG, HALUAN - Sudah tiga hari Afrizal (48), warga kawasan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat dinyatakan hilang saat akan pulang usai memancing di kawasan Pulau Pisang Gadang, Kecamatan Padang Selatan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]