PAW Aprianto Tinggal Menunggu Hari


Kamis, 14 April 2016 - 13:55:48 WIB
PAW Aprianto Tinggal Menunggu Hari

PADANG, HALUAN—Proses Per­gantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota  Padang dari Fraksi PDI Perjuangan,  tinggal menunggu hari.

Pasalnya, KPU Kota Padang sudah mempleno penetapan peraih suara terbanyak kedua di daerah pemilihan Padang IV (kecamatan Padang Selatan dan Timur) dari PDI Perjuangan hasil pemilu legislatif 2014, Selasa (12/4).

Baca Juga : Kenaikan Tarif PPN: Kontradiksi Opsi di Tengah Pandemi

Koordinator Divisi Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra menyatakan, pleno ini menyikapi surat DPRD Kota  Padang terkait PAW anggota DPRD Kota  Padang periode 2014-2019.

PAW ini, menindaklanjuti surat pemberhentian Nuzul Putra sebagai anggota DPRD yang diterbitkan Gu­bernur Sumbar melalui SK No.171-317-2016 tanggal 18 Maret 2016.

Baca Juga : Profesi Pelayanan Publik, Harus Jadi 'Role Model' Pelaksanaan Protokol Kesehatan

“KPU,  sudah memplenokannya kemarin. Seluruh berkas-berkas surat pengajuan PAW ini, juga telah me­menuhi syarat. Surat balasannya, kami rencanakan akan dikirim ke pimpinan DPRD Kota  Padang, Kamis (14/4),” kata Riki.

Dijelaskan, peraih suara terbanyak kedua sesuai perolehan suara Pileg 2014 yaitu atas nama Aprianto.

 Data yang dimiliki KPU Kota  Padang ini, sama dengan catatan perolehan suara PDI Perjuangan sebagaimana tertulis dalam surat yang dikirim PDI P ke KPU.

Kemudian, surat dari DPC PDI Perjuangan Padang ke KPU juga menjelaskan,  Aprianto juga tidak pernah melakukan pelanggaran AD/ART partai maupun mendapat sanksi lainnya.

“Dari hasil pleno itu, maka Ap­rianto  memenuhi syarat untuk men­jadi PAW dan bertugas sebagai Ang­gota DPRD Kota  Padang,” katanya.

Namun begitu, Nuzul Putra sebagai orang yang diberhentikan dari DPRD, melalui SK Gubernur Sumbar. Saat ini, sedang menempuh upaya hukum dan mengirimkan surat pemberitahuan ke KPU. 

“Dalam balasan KPU ke DPRD nanti, juga akan menyebutkan bahwa yang bersangkutan saat ini sedang menempuh upaya hukum. Apakah itu akan menjadi pertimbangan,  bagi DPRD dalam melakukan PAW itu domainnya DPRD. KPU,  hanya sebatas memberikan nama peraih suara terbanyak berikutnya sesuai dengan permintaan DPRD,” kata­nya.(h/ade)

 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]