Jangan Naikkan Penumpang di Badan Jalan


Kamis, 14 April 2016 - 15:44:08 WIB

PADANG, HALUAN — Un­tuk ketertiban angkutan umum yang melewati pasar Raya, Pemko Padang telah menyediakan terminal angkot yang berada di samping ba­laikota lama. Dengan kebe­radaan ter­minal, para sopir diharapkan bisa menaikan penumpang pada tempat yang telah di­tentukan.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Padang, Gustin Pra­mona mengatakan, aturan ini harus ditegakkan secara tegas.

“Jangan ada lagi angkot yang menaikan penumpang di badan jalan  yang ada di sekitar pasar raya. Itu akan menimbulkan kemacetan,” sebut Gustin. Hal ini dika­takan Gustin menanggapi adanya laporan masih adanya angkot yang tak taat aturan.

Edi, salah seorang ma­syarakat yang sehari-hari beraktivitas di sebuah kantor yang ada di sekitar terminal  menyebut, ia melihat hanya satu dua saja dari sopir angkot yang mau masuk ke dalam.

Sementara yang lain lebih memilih menaikan pe­num­pang di badan jalan. Di­kata­kan Gustin, jika apa yang disebutkan masyarakat ini benar adanya Dinas Per­hu­bungan harus mengambil tindak tegas.

Sebab, kata dia, sangat disayangkan jika terminal yang ada tersebut tak digu­nakan sesuai peruntukkan yang ada. Anggaran telah ter­pakai untuk melakukan pem­bangu­nan, kemudian pe­da­gang yang sebelumnya berjua­lan di loka­si terminal telah di pindahkan.

“Jadi Sangat sayang jika terminal itu tak diman­faat­kan,” kata dia lagi.

Sekaitan dengan ini, Gus­tin Pramona menghimbau pada Dinas Perhubungan  untuk menjadikan hal tadi sebagai suatu perhatian dan prioritas untuk ditertibkan. Selain memberi peringatan, bagi sopir membandel disa­rankan agar izin operasi me­reka dicabut saja. Dengan demikian akan ada efek jera. Sopir lain juga tak akan berani melakukan hal yang sama.

Dari DPRD sendiri, me­nurut dia ini akan diper­tanyakan pada dinas terkait. Persoalan akan diko­mu­nika­sikan secara lisan pada mitra kerja yang berwenang me­nangani ini.

“Yang menangani persoa­lan ini kan dinas perhu­bu­ngan, saat ada ke­sem­patan rapat dengan mereka ini akan dipertanyakan,” tegas Gustin

Selanjutnya DPRD akan melihat perkembangan pe­ner­tiban tersebut. Jika tak ada perubahan atau penertiban tak berjalan sesuai harapan, bukan tak mungkin dinas terkait akan dipanggil guna dimintai penjelasannya.

“Karena ini baru laporan dari masyarakat, dan kami belum meninjau langsung ke lapangan, dinas terkait dihim­bau dulu untuk segera menin­daklanjuti. Namun, jika me­mang mengkuatirkan, bukan tak mungkin Dishub akan kami panggil,” pungkas dia. (h/len)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]