22 Ton Beras Selundupan Asal India Diuji Kelayakannya


Kamis, 14 April 2016 - 17:16:44 WIB

PADANG PARIAMAN, HA­LUAN — Sebanyak  22 ton beras asal  India yang di­aman­kan  Polresta Paria­man, Selasa (12/4) di jalur jalan Baypass Pariaman, akan diujikan kelayakannya  oleh Badan pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM).

Menurut Kapolres Pa­riaman, AKBP Riko Junaldy, pada wartawan Rabu (13/4), uji labor tersebut ditujukan untuk mengetahui kelayakan bisa atau tidak beras tersebut diedarkan ke masyarakat. Danse kaligus guna pe­ngem­bangan kasus  ini.

Dikatakannya, beras yang diduga diseludupkan dari India ini diamankan jajaran Polresta Pariaman, Selasa (12/4) sekitar pukul 05.00  WIB, saat pe­lak­sanaan operasi Bersinar Polresta Pariaman.  Beras yang dibawa dengan truk  BA 9028 ZU jenis Hino ber­muatan 440 karung de­ngan berat masing-masing  karung 50 kg.

“Setelah kita periksa ternyata beras ini berasal dari negara India dengan tujuan Malaysia,” ujar Riko Junaldy.

Dikatakan Kapolres, pem­bawa  truk berinisial RD  saat ditanya terkait do­kumen tidak bisa mem­per­lihatkan secara lengkap dan hanya menunjukkan surat DO pembelian beras dari Jambi menuju Lubuk Ba­sung, Kabupaten Agam.

Kepada pihak ke­po­li­sian RD mengaku beras tersebut dijual lebih murah dari harga beras biasanya dengan menunjukkan surat DO yang dibawanya dari Jambi. Bras asal India ter­sebut dijual dengan harga Rp10 ribu per kilogram.

Sehubungan kasus ter­sebut , pihak kepolisian akan menjadwalkan pe­mang­gilan terhadap pem­be­li beras tersebut guna di­min­tai keterangannya.

Diungkapkan Kapolres, berdasarkan keterangan so­pir truk kepada pihak pe­nyidik bahwa upaya penye­ludupan beras tersebut me­ru­pakan yang kedua kali dilakukan dengan daerah pembelian dan tujuan yang sama. 

“Jika terbukti ada upaya pe­nye­ludupan dan melang­g­ar hukum yang ber­laku maka tersangka bisa di­kenakan Undang-Un­dang Nomor 18 tahun 2012 pasal 135 tentang pangan dengan ancaman dua tahun ku­ru­ngan penjara dan denda Rp4 miliar,” katanya. (h/ded)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 Desember 2015 - 03:27:28 WIB
    Irdinansyah Tarmizi

    Eks Anggota DPRD 22 Tahun Pimpin Tanah Datar

    Eks Anggota DPRD 22 Tahun  Pimpin Tanah Datar Niat ingin menjadi dosen, namun terdampar dan sukses di dunia politik. Ya, karir Drs H Irdinansyah Tarmizi sebagai seorang dosen swasta di Universitas Muhammadiyah tidak abadi. Perputaran waktu membawanya untuk menekuni dunia.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]