Penyerapan APBN di Kepri 12,39 Persen


Jumat, 15 April 2016 - 02:42:24 WIB

PADANG, HALUAN — Ke­men­terian Keuangan Direk­to­rat Jendral Pemben­da­ha­ra­an Provinsi Kepri me­nya­ta­kan penyerapan reali­sasi Ang­garan Pendapatan Be­lan­­ja Negara (APBN) di Pro­vinsi Kepri pada triwulan I ta­hun 2016 mencapai 12,39 persen.

Dimana penyerapan ang­­garan tersebut hampir mendekati target pe­nye­rapan Nasional yang men­capai 15 persen. Hal terse­but disam­pai­kan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pem­ben­daharaan Provinsi Ke­pri, Dydik Coe­roel di Tan­jung­pinang, Rabu (13/4).

“Untuk perealisasian anggaran APBN di Provinsi Kepri tahun 2016 mencapai 12,39 persen pada triwulan pertama, persentase ini me­ning­kat jika dibandingkan pada perealisasian triwulan I tahun 2015 lalu yang hanya mencapai 5,55 persen,” ujar Dydik.

Dydik menjelaskan, dari alokasi anggaran Pusat ke Provinsi Kepri hingga Maret 2016 meningkat sekitar Rp 13.371.346,93. Namun un­tuk perealisasi anggarannya baru sebesar Rp684,734.11 saja yang telah terealisasi pada triwulan I tahun 2016.

“Yang mana jika diban­ding­kan tahun sebelumnya, pe­nyerapan tertinggi dana Pu­sat tersebut ada pada  be­lanja pegawai. Kenaikan pe­nyerapan juga terjadi pada belanja barang dan belanja modal,” terang  Dydik.

Sementara untuk belan­ja bantuan sosial, jelas Dy­dik, untuk pnyerapannya masih nol persen dikarena­kan bantuan sosial yang diberikan hanya diperun­tukkan untuk bantuan siswa miskin. Namun hingga akhir Maret 2016 belum ada rea­lisasi penarikan biaya ban­tuan tersebut.

“Belum terealisasinya dana bantuan sosial ini dika­renakan masih dalam proses pendataan siswa yang mene­rima bantuan,” lanjut Dydik.

Sementara Untuk reali­sasi dana transfer Pusat ke daerah pada triwulan I ta­hun 2016 ini baru terealisasi 35,89 persen dari pagu ang­garan sekitar Rp7.845.­921,­18, baru terealisasi sekitar Rp2.816.010,26.

Perealisasian anggaran proyek di triwulan I ini masih digunakan untuk pem­bangunan pada infra­struktur baik itu gedung bangunan, jalan dan jem­batan, pelabuhan laut, ban­dar udara, serta sumberdaya air dan sanitasi.

Dydik menyebut terda­pat beberapa faktor yang me­nyebabkan perea­lisa­sian pe­nyerapan anggaran tahun 2016 ini meningkat diban­ding­kan tahun-tahun sebe­lum­­nya.

Dari proses pelelangan beberapa proyek yang telah dilakukan pada akhir 2015, kesiapan pelaksanaan pe­ren­canaan yang sudah dila­porkan sebelumnya.

Kanwil Ditjen Pemben­daharaan yang terus memo­nitoring dan dijalankan se­ca­ra fisikal dan proses yang sudah dipercepat.

“Sehingga penyerepan dan perealisasian dana ang­ga­ran Pusat tersebut dapat dimanfaatkan bagi pening­katan pembangunan infra­struktur. Jangan sam­pai mengendap di kas da­erah, kan sayang,” ujar Dydik.

Untuk itulah, ia meng­harapkan bagi penyelengara pagu anggaran pada setiap SKPD di Provinsi Kepri untuk dapat mempercepat penyerapan realisasi ang­garan Pusat tersebut. (cw99)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]