Mulai 2017, Pemko Batam Siapkan Rp1 Miliar per Kelurahan


Jumat, 15 April 2016 - 02:43:16 WIB

BATAM, HALUAN — Pemerintah Kota Batam berkomitmen menyiapkan anggaran Rp1 miliar setiap kelurahan mulai 2017, untuk pembangunan infrastruktur demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Anggaran itu akan di­ambil dari APBD Kota Ba­tam 2017, kami akan per­siapkan, bukan dari APBN,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam.

Ia menyatakan program Rp1 miliar tiap kelurahan itu sengaja diadakan untuk menyelaraskan program Presiden Joko Widodo, RP1 miliar untuk tiap desa.

Karena Batam tidak men­­dapatkan bantuan dana de­sa dari pemerintah pusat, ma­ka Pemkot sendiri yang me­ngadakannya, mengingat de­­sa setara dengan kelu­ra­han.

“Kebijakan ini diambil dari Nawacita Presiden yang menjabarkan per desa dapat Rp1 miliar. Karena ini pem­kot, tidak ada desa. Karena kota tidak dapat, kebijakan mengembangkan ke kelu­rahan,” kata dia.

Amsakar bercerita, kebi­ja­kan itu lahir saat dirinya bersama Wali Kota Batam turun blusukan ke kelura­han-kelurahan dan melihat kondisi infrastruktur yang relatif masih minim di sana.

Dana kelurahan itu, ka­ta­nya, bisa digunakan untuk semenisasi jalan, pem­bangu­nan drainase dan sebagai­nya. “Program Rp1 miliar per desa adalah sesuatu tidak dapat ditunda. Karena APBD sekarang tidak sang­gup. Kami desain untuk 2017, kami berupaya sekuat tenaga supaya APBD 2017 mencapai Rp2,8 triliun, agar Rp1 miliar per kelurahan dapat terpenuhi,” ujarnya.

Saat ini, pemkot sedang mempersiapkan aturan hu­kum dan tekni sebagai lan­dasan kebijakan itu.

“Dana dikelola keca­matan. Strukturnya, Camat sebagai pengguna anggaran, Sekcam selaku KPA dan lurah sebagai pejabat teknis pelaksana kegiatan,” kata mantan Kepala Dinas Per­da­gangan, Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral Kota Batam itu menjelaskan. (hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]