Ekspedisi ke Bukit Sikai

Mengelolah Kembali Tanah Ulayat yang Dulu Ditinggalkan


Jumat, 15 April 2016 - 02:50:31 WIB
Mengelolah Kembali Tanah Ulayat yang Dulu Ditinggalkan Lubuksikaping dilihat dari atas Bukit Sikai Kenagarian Aia Manggih.

SABTU, 9 April 2016 lalu, kelompok tani (Keltan) Sepakat Bukit Sikai Ambacang Anggang Lubuk Sikaping, melakukan ekspedisi untuk melihat tanah ulayat ninik mamak Ambacang Anggang Kenagarian Aia Manggih Kecamatan Lubuksikaping, yang masih produktif untuk dimanfatkan untuk perkebunan rakyat.

Perjalanan darat itu memakan waktu untuk sampai ke lo­kasi Bukit Sikai lebih kurang dua jam perjalanan, melalui hamparan bukit kociak. Tidak kurang dan tidak lebih hi­tungan saya, sebanyak 23 orang anggota ikut andil da­lam kegiatan itu, yang di­pimpin Ketua Kelompok In­dra disertai pengurus dan ninik mamak dari suku Me­layu dan Mandahiling. Ter­lihat juga putra asli Ambacang Anggang, Heri Supriadi yang diamanahi sebagai anggota DPRD Pasaman turut serta dalam rombongan tersebut. 

Sebelumnya ada misi un­tuk melakukan survei terh­adap hamparan tanah ulayat di bukit Sikai yang selama ini telah menjadi turun temurun dari pendahulu, dimana tanah tersebut telah digarap dan dijadikan perladangan oleh para pendahulu ninik mamak Ambacang Anggang. Tanah ulayat ini sudah ditinggal beberapa tahun lamanya. Na­mun, karena anak kemenakan suku melayu dan mandahiling semakin berkembang, semen­tara kehidupan di nagari su­dah padat dan semakin sulit bagi kaum itu untuk membuat pemukiman baru bagi ge­nerasi selanjutnya. Oleh ka­rena itu, muncul ide untuk menggarap kembali tanah ulayat yang pernah diting­galkan itu.

Telah dilakukan rapat kam­pong, antara ninik mamak dengan kemenakan sepakat untuk membuka kem­bali lahan itu dan dijadikan sebagai peladangan atau mung­kin puluhan tahun men­datang, bisa dijadikan sebagai pemukiman. Tentunya tanah ulayat Bukit Sikai tersebut akan dimanfaatkan untuk kepentingan kaum pasukuan yang membutuhkan melalui keputusan ninik mamak.

Dalam waktu perjalanan yang membutuhkan satu hari perjalanan untuk mencapai lokasi bukit Sikai. Rom­bo­ngan tidak mengalami ke­sulitan untuk mencapai lokasi, kendati kondisi jalan mem­butuhkan stamina dan fisik yang cukup kuat, bahkan di antara para rombongan ada yang telah berusia di atas 70 tahun. 

Haluan yang ikut dalam rombongan tersebut, tak hen­ti-henti melihat kekaguman dari ketinggian 1000 kaki, kota Lubuk Sikaping terlihat cantik dan indah sangat elok dipandang mata. Sebelumnya rasa lelah memang terpancar dari raut wajah para tetua rombongan, apalagi bagi me­reka yang pertama ikut dan merasakan ekspedisi kali ini. Sungguh medan untuk men­capai lokasi menguras stamina. 

Dari jadwal yang pem­berangkatan sekitar pukul 08.00 Wib, rombongan me­mang terbagi tiga untuk men­capai lokasi. Dengan memba­wa bekal dan perlengkapan seperti parang dan alat untuk merambah semak dijadikan jalan. Jejak yang membekas memang masih terlihat me­nuju Bukit Sikai. Tentunya tidak menggunakan kompas atau alat petunjuk jalan, rom­bongan memang harus ekstra hati-hati memilih jalan, agar tidak tersesat. 

Sekitar pukul 10.00 Wib, rombongan pertama berhasil mencapai lokasi Bukit Sikai, baru setengah jam kemudian rombongan kedua dan ketiga berhasil mencapai lokasi yang menjadi tanah ulayat pasu­kuan ninik mamak Jorong Ambacang Anggang Nagari Aia Manggis Lubuk Sika­ping. 

Adapun batas-batas tanah ulayat yang berada Bukit Sikai adalah sebelah timur berbatas dengan tanah kaum Am­ba­cang Anggang, sebelah barat dengan Pasaman Barat, se­belah utara berbatas dengan bukit Galanggang Kuwau dan sebelah selatan berbatas de­ngan Bukit Padang. 

Kendati belum melakukan patokan batas, para keltan membersihkan sebagian tanah ulayat yang masih perawan dan belum tersentuh. Tentu­nya hasil yang diharapkan, bagaimana nanti Bukit Sikai dapat dimanfaatkan menjadi perkebunan dan mendapat perhatian dari pemerintah Pasaman.

Apalagi hasil-hasil hutan dan perkebunan mem­berikan manfaat yang banyak bagi masyarakat khususnya bagi pasukuan Melayu dan Mandahiling Ambacang Ang­gang.  *****

 

Laporan: ATOS INDRIA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]