Wakil Walikota Canangkan PMTAS


Jumat, 15 April 2016 - 02:55:18 WIB
Wakil Walikota Canangkan PMTAS Wakil Walikota Solok Reinier memberikan makanan pada anak-anak PAUD Destamar Ampang Kualo Rabu. Pemberian makanan sebagai bentuk penambahan gizi bagi anak-anak usia dini. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Wakil Walikota Solok Reinier me­nga­takan, untuk melahirkan generasi yang cerdas dan terampil, bisa diawali dari menkonsumsi makanan yang bergizi dan berimbang sejak dari balita sampai remaja. Karena dengan memakan makanan yang bergizi, anak-anak akan tumbuh dengan baik dan cerdas dalam ber­fikir.

“Pemerintah daerah sa­ngat konsen dan peduli akan hal itu. Buktinya dimulai dari Pemberian Makanan Tam­bahan Anak Sekolah (PM­TAS), baik ditingkat Pendi­dikan usia Dini (PAUD) mau­pun SD dengan mengaloka­sikan anggaran dari daerah,” jelas Reinier ketika penca­nangan PMT AS bagi sekolah PAUD Destamar Ampang Kualo Kelurahan Kampung Jawa Rabu (13/4)

Di Kota Solok jumlah anak-anak PAUD maupun SD memang cukup banyak, na­mun belum semua anak-anak pada jenjang pendidikan itu yang bisa dibantu, setidaknya baru 400 anak-anak yang su­dah dialokasikan anggaran dan masih tinggal 200 anak lagi yang belum terkafer oleh­nya, Namun demikian Pemda Kota Solok juga bersyukur, kekurangan itu bisa diatasi menajemen sekolah dan ko­mite sekolah.

Perlunya pemberian ma­kanan tambahan bagi murid PAUD dan SD mengingat pada usia tersebut memiliki masa pertumbuhan yang baik, yang bersangkutan mem­bu­tuh­kan vitamin dan gizi untuk membantu perkembangan anak. Jika anak-anak sejak dini diberi makanan bergizi sudah jelas melahirkan anak-anak yang sehat. Didalam tubuh yang sehat tentu ter­dapat pikiran yang sehat dan cerdas.

Untuk melahirkan anak yang sehat tidak hanya meng­an­dalkan guru dan peme­rintah semata, namun kepe­dulian orang tua juga sangat dominan, di sekolah anak-anak hanya bertatap muka dengan guru 3-4 jam sehari. Selebihnya, anak-anak banyak dibawah pengawasan orang tua. Orang tua haruslah ba­nyak memperhatikan tingkah laku anak sehari-hari agar tidak jatuh pada kenakalan remaja.

Dewasa ini diakui Wakil Walikota Solok, Sumatera Barat umumnya dan Kota Solok khususnya sedang gen­car memerangi narkoba dan obat terlarang lainnya, ting­ginya kewaspadaan peme­rintah dan masyarakat karena bahaya narkoba mengancam keselamatan generasi muda yang selama ini diagung-agung­kan sebagai estafet pem­­bangunan.

Agar generasi muda tidak terjerumus akan penggunaan Narkoba itu, pengawasan orang tua di rumah sangat diharapkan sekali, jika sese­orang sedang mencoba me­nikmati Narkoba itu, lama kelamaan mulai terbiasa dan pada gilirannya sudah keta­gihan. Jika ketagihan sangat­lah sulit mengendalikan, beber Reinier.

Ketua DPRD Kota Solok Yutriscan dalam kesempatan itu juga memberi apresiasi pada pihak sekolah dan komite yang sudah mampu melaksanakan prgram PMT-AS secara bersama-sama dan khusus bagi yang belum tertanpung dalam anggaran malahan dicarikan jalan kelu­ar­nya dengan mengalokasikan dana sekolah dan komite sekolah

Ini menunjukan suatu kepe­dulian bersama antara sekolah dan komite karena diakui belum semua anak-anak yang bisa ditampung dalam anggaran untuk membiaya PMTAS dimaksud. Oleh karenanya kekurangan tersebut agar dilaporkan ke DPRd secara berjenjang. (h/alf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]