Koperasi Harus Dikelola Secara Profesional


Jumat, 15 April 2016 - 03:04:15 WIB
Koperasi Harus Dikelola Secara Profesional

PADANG, HALUAN — Da­lam rangka membangun dan me­ngembangkan koperasi sebagai badan usaha seka­ligus  gerakan ekonomi rakyat, koperasi itu harus dikelola secara pro­fesio­nal dengan menerapkan prinsip keterbukaan, transparasi dan akuntabilitas.

Hal ini  diungkapkan Wa­kil Rektor Universitas Eka­sakti, I Dr. Agussalim, wak­tu pembu­kaan Seminar Akun­tansi di auditorium uni­ver­sitas tersebut, Rabu (13/4).

Seminar Akuntansi itu diikuti 300 orang peserta terdiri dari Dosen Prodi Akuntansi, praktisi koperasi dan pengusaha industri Ke­cil dan Menengah serta Ma­hasiswa PTN dan PTS. Pe­ma­teri dalam acara Seminar ini dari Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat, Ba­syiruddin dan Efhita dari Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), dan Bakkareng, De­kan Fakultas Ekonomi Uni­versitss Ekasakti.  

Seminar ini bertemakan “Pe­ran Penting Akuntansi Me­nuju Kemandirian Ko­pe­ra­si Dalam Menghadapi Ma­sya­rakat Ekonomi Asean (MEA). Menurut Agus­sa­lim, tema seminar itu sangat tepat bagi yang berke­cim­pung dalam dunia pen­didi­kan, karena Indonesia telah menandatangani kese­paka­tan ekonomi Asean. Salah sa­tu bagian dari kese­pakatan itu mempersiapkan tenaga kerja siap pakai, terampil dan mampu ber­saing dalam dunia kerja, khusus di bidang usaha koperasi.

Materi yang diberikan dalam Seminar Akuntansi itu sangat relevan keter­kaitannya antar pendidikan dan dunia usaha, khususnya penyajian laporan keuangan Koperasi sesuai dengan tujuan perkoperasian di Indonesia sebagaimana di­atur dalam Peraturan Men­teri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, yaitu me­ningkatkan kemampuan dan kualitas Lembaga Ko­perasi sebagai Badan Usaha dan Badan Hukum.

Koperasi yang mandiri dan berkualitas, kata Agus­salim adalah Badan Usaha aktif mempunyai  prinsip-prinsip kohesivitas dan par­tisipasi anggota yang kuat dan kinerja usaha yang se­ma­kin sehat dan ber­orian­tasi kepada usaha anggota serta memiliki kepedulian sosial. Kemudian harus juga berpedoman pada asas-asas umum pemerintahan yang baik dan menuntut adanya partisipasi, keterbukaan, pertanggungjawaban, penga­wasan kepastian hukum.

Koperasi yang berkua­litas mengandung enam unsur masing-masing Badan Usaha Aktif, Kinerja Usaha semakin sehat; Kohesivitas dan partisipasi anggota ori­en­tasi kepada pelayanan anggota, Kepedulian Sosial dan Konstribusi terhadap pembangunan. (h/rel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]