Desa Lumindai Jadi Kampung KB


Jumat, 15 April 2016 - 03:19:19 WIB
Desa Lumindai Jadi Kampung KB Desa Lumindai Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB).Wakil Walikota Sawahlunto Ismed, memasangkan plang gang Keluarga Berencana pada pencanangan Desa Lumindai menjadi Kampung KB, Kamis (14/4). (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Desa Lumindai Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto dicanangkan sebagai desa Ke­luarga Berencana (KB).Hal itu merupakan tindak lanjut dari pencanangan tingkat nasional yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Du­sun Jenawi Desa Mertasinga Ke­camatan Gunung Jati Kabu­paten Cirebon Jawa Barat 14 Januari 2016 lalu.

“Sebenarnya program KB di Kota Sa­wah­lunto sudah berjalan baik, namun Desa Lumindai dinilai masih ada beberapa program KB yang belum berjalan de­ngan baik.Dengan danyan kampung KB ini diharapkan bisa lebih mematangkan keluarga di Lu­min­dai dalam merencanakan masa depan,” kata Ismed Wakil Walikota Sawahlunto disela sela peresmian Kampung KB di Dusun Pasar Mudik Desa Lumindai, Kamis (14/4).

Ismed menilai, berbagai terapan program KB sudah dijalankan masyarakat se­tem­pat, seperti layanan kon­tra­sep­si, kelompok bina kel­uar­ga balita (BKB), bina ke­luarga remaja dan bina ke­luarga lansia.Dia meminta agar program tersebut lebih di­optimalkan lagi, jika pem­binaan diperlukan melalui pen­dampingan yang di­la­kukan secara terus menerus, semua SKPD dan intsnasi lain harus fokus untuk me­w­u­judkan cita cita dibentuknya Kampung KB ini. “KB bukan sekedar membatasi angka kelahiran, namun juga ada kepentingan jangka panjang untuk mewujudkan ma­sya­rakat yang sehat dan se­jah­tera. Kegiatan peningkatan pen­da­patan keluarga juga terdapat pada program tersebut,” ujar Ismed.

Intinya lanjut Ismed, Kam­­­pung KB merupakan salah satu inovasi strategis da­lam upaya realisasi pelak­sanaan kegiatan kegiatan pro­gram KB, selain itu juga ber­upaya membudayakan dan memberikan kemudahan ke­pa­da masyarakat untuk mem­peroleh pelayanan total pro­gram KB, sebagai upaya me­wujudkan keluarga sejahtera yang berkualitas.

Kepala Kantor Pem­ber­dayaan Masyarakat Pe­rem­puan dan Keluarga Berencana (PMPKB) Sawahlunto Adri Yus­man berharap agar program tersebut dapat di­rasakan manfaatnya secara menyeluruh di masyarakat, sehingga upaya pemerintah untuk menyadarkan warga pentingnya KB maksimal.

Dia menambahkan, di­pi­lih­nya Desa Lumindai sebagai kampung KB di Sawahlunto, dikarenakan masih adanya beberapa program KB yang belum terealisasi secara opt­i­mal didaerah setempat, selain itu jumlah penduduk dan angka kemiskinan yang cu­kup tinggi termasuk angka ke­la­hiran yang tinggi dibanding daerah lainnya.

“Pasangan usia Subur Di Lumindai se­banyak 105 pasang dengan persentase keikut sertaan ber KB sekitar 55,2 persen, se­dang­kan keikut sertaan pria untuk ber KB masih sangat rendah yakni 3,8 persen saja,” terang Adri Yusman.

Secara nasional lanjutnya angka kelahiran pendudkun sebesar 2,6 persen dengan laju perteumbuhan penduduk se­besar 1,49 persen, sedangkan untuk kota Sawahlunto se­dikit dibawah angka nasional tersebut dimana angka kela­hiran sebesar 2,4 persen dan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,01 persen.

Kedepan warga Lumindai akan semakin sadar akan pentingnya program KB ter­sebut, apalagi dukungan dan partisipasi dari pemerintah desa, tokoh masyarakat, ka­der KB dan pengelola program pem­bangunan di Desa Lu­mindai yang sangat tinggi, akan dapat lebih me­mu­dah­kan akses pelayanan ke­pada keluarga atau masyarakat da­lam hal informasi pelayanan KB, dalam mewujudkan ke­luarga kecil bahagia dan sejah­tera. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 17:09:27 WIB

    Pessel Menerima Hibah Jalan Desa dan Hak Pengelolaan Jaringan SPAM dari Kementerian PUPR

    Pessel Menerima Hibah Jalan Desa dan Hak Pengelolaan Jaringan SPAM dari Kementerian PUPR HARIANHALUAN.COMĀ - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menerima hibah jalan desa dan serah terima pengelolaan jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Ranah Pesisir dan Kawasan Wisata Bahari Mandeh.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 06:03:08 WIB

    BLT Dana Desa di Sumbar Tak Boleh Berupa Sembako, Harus Uang

    BLT Dana Desa di Sumbar Tak Boleh Berupa Sembako, Harus Uang HARIANHALUAN.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar mengungkapkan masalah penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), bahwa yang menjadi sasaran dari BLT DD ini adalah Kepala Keluarga (KK) Miskin.
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 15:03:44 WIB

    Kadis PMD Sumbar Desak DPRD Agam Lahirkan Perda Tentang Nagari Adat

    Kadis PMD Sumbar Desak DPRD Agam Lahirkan Perda Tentang Nagari Adat HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan bahwa Nagari Adat merupakan percontohan menuju Pemerintahan Nagari Adat yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 6 Tahun 20.
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 14:28:32 WIB

    Peran PLD Tuntaskan Penyaluran BLT Dana Desa di Sumbar

    Peran PLD Tuntaskan Penyaluran BLT Dana Desa di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan, percepatan penyaluran BLT Dana Desa di desa/nagari tidak terlepas dari peran Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (P.
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 06:05:40 WIB

    BLT Dana Desa Sumbar Telah Disalurkan Sebesar 91%

    BLT Dana Desa Sumbar Telah Disalurkan Sebesar 91% HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Syafrizal menyebutkan, bahwa capaian penyaluran BLT Dana Desa Sumbar 91,92 persen adalah hasil kerja keras semua pihak, terutama Wali Nagari bersa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]