Kesadaran Masyarakat Bayar Pajak Tinggi


Jumat, 15 April 2016 - 03:19:49 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Kesadaran ma­syarakat untuk membayar pajak kendaraan cukup tinggi di wilayah kerja Samsat Bukit­tinggi. Buktinya, penerimaan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan naik dari priode yang sama tahun lalu.

Kepala Samsat Bukit­tinggi, Hidayat Dahlan me­nga­takan penerimaan pajak dari ken­daraan sampai de­ngan triwulan I tahun 2016 berjumlah Rp9,9 milyar atau 29 persen dari target Rp34 milyar pada tahun 2016. Dan jika dibandingkan de­ngan penerimaan pajak dari priode yang sama tahun lalu terjadi peningkatan sebesar Rp1,9 mi­liar  atau me­ning­kat 24 persen.

Peningkatan penda­pa­tan ini kata Hidayat, salah satunya disebabkan karena adanya prog­ram peng­ha­pusan denda bagi kendaraan yang sudah mati pa­jak. Prog­ram ini hanya berlaku sela­ma dua bulan yakni Bulan Februari dan Maret 2016. Dari program penghapusan denda ini, Samsat Bu­kit­tinggi berhasil me­nam­bah pendapatan daerah sebesar Rp115 juta atau 3.237 unit kendaraan berhasil diha­puskan denda pajaknya.

Alhamdulillah kesa­da­ran masyarakat di Bukit­tinggi dan sekitarnya untuk membayar pa­jak kenda­raannya cukup tinggi. Selain itu, kita juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memanfaatkan prog­ram penghapusan den­da pajak sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah,” kata Hi­dayat Dah­lan kepada Haluan di ruang kerjanya, usai mendam­pingi Kapolres AKBP Tri Wah­yudi melakukan sidak di Kantor Samsat Bukittinggi kemaren, Kamis (14/4).

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Rio Sigal Hasibuan ketika diminta tangga­pan­nya terhadap keluhan ma­sya­rakat sehubungan de­ngan la­manya keluar plat kendaraan sepeda motor atau Tanda Nomor Ken­daraan Bermotor (TNKB).

Ia mengakui, sejak tahun 2014 yang lalu memang terjadi kendala dalam hal pengadaan plat kendaraan dari Korlantas Mabes Polri, sehingga layanan kepada masyarakat terganggu. Na­mun saat ini masyarakat yang telah membayar pajak kendaraan sejak tahun 2014 sampai dengan Maret 2015 sudah bisa meng­ambil plat kendaraannya.

“Untuk plat kendaraan mulai dari April  2015 sampai Maret 2016 masih belum keluar. Kita harapkan masyarakat dapat ber­sabar menunggunya,” tutur Rio Sigal. Namun untuk me­ngan­tisipasinya masyarakat diper­bolehkan membuat plat sendiri sesuai dengan stan­darnya.  (h/ril)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 April 2020 - 12:19:24 WIB

    Kesadaran Masyarakat Rendah, Jorong Diminta Dirikan Pos Pemantau Corona

    Kesadaran Masyarakat Rendah, Jorong Diminta Dirikan Pos Pemantau Corona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, Gubernur Sumbar kembali mengeluarkan instruksi agar Bupati Walikota membentuk.
  • Senin, 18 November 2019 - 14:37:35 WIB

    Kesadaran Masih Rendah, Banyak Warga Payakumbuh Buang Sampah Sembarangan

    Kesadaran Masih Rendah, Banyak Warga Payakumbuh Buang Sampah Sembarangan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah di Kota Payakumbuh masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dengan banyak nya perilaku membuang sampah sembarangan yang dilaku.
  • Ahad, 29 Mei 2016 - 22:15:55 WIB

    Butuh Kesadaran Masyarakat untuk Selamatkan Danau Maninjau

    Butuh Kesadaran Masyarakat untuk Selamatkan Danau Maninjau AGAM, HALUAN -- Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Agam, Edi Busti, mengatakan, aksi gerakan bersih di Danau Maninjau Kabupaten Agam, yang dilaksanakan, Sabtu dan Minggu berjalan dengan sangat lancar. I.
  • Jumat, 18 Maret 2016 - 03:45:30 WIB

    PATEN Tingkatkan Kesadaran Warga Mengurus IMB

    PATEN Tingkatkan Kesadaran Warga Mengurus IMB PAINAN, HALUAN — Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), meningkatkan kesadaran warga mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) yang berfungsi untuk hunian. Warga tanpa biaya besar kini telah dapat mengantongi IMB..
  • Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:10:58 WIB

    Kesadaran Konsumsi Sayur Masih Rendah

    SOLOK, HALUAN — Tingkat konsumsi sayur masyarakat di Kota Solok, masih sangat rendah. Hanya sebagian kecil saja pen­duduk di daerah penghasil beras itu yang mengkonsumsi sayuran sesuai dengan rekomenda.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]