Serius Perangi Narkoba

TP-PKK Teken MoU dengan BNN


Jumat, 15 April 2016 - 03:21:43 WIB
TP-PKK Teken MoU dengan BNN Ketua TP-PKK Payakumbuh, Henny Riza Falepi bersama Kepala BNN Payakumbuh, AKBP Firdaus ZN disaksikan Walikota Riza Falepi saat menandatangani MoU pemberantasan Narkotika di Kota Payakumbuh. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Kota Payakumbuh pada tahun 2015 hingga tahun 2016 ini berada pada peringkat ke-2 peredaran dan penyalahgunaan Narkotika. Tercatat, pada tahun 2015 yang lalu, 55 kasus peredaran dan penyalahgunaan narkotika dita­ngani oleh Polresta Payakumbuh dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Payakumbuh.

Hal ini menjadi poin penting yang harus mendapat perhatian khusus. Tak terkecuali Tim Peng­gerak PKK Kota Payakumbuh yang dikomandoi oleh DR. Henny Riza Falepi. Dengan Semangat Kartini, TP PKK Payakumbuh menan­data­ngani Memorandum of Unders­tanding atau MoU dengan BNN Kota Payakumbuh untuk bersama-sama memerangi Nar­kotika.

Kesepakatan ini ditan­da­ta­ngani oleh Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi bersama Kepala BNN Kota Paya­kumbuh AKBP. Firdaus ZN S.Pd, M.Si. Berlangsung dalam acara Penyuluhan Pencegahan, Pem­berantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4­GN) di Kantor bersama PKK Kota Payakumbuh, Kamis (14/4). Penandatanganan ini turut disak­sikan Walikota Riza Falepi, di­dam­pingi Kadis Kesehatan Elza­daswarman, Sekretaris BPMPKB Elvi Joni serta Camat dari 5 Kecamatan.

Menurut Henny, penan­data­nganan MoU ini merupakan ben­tuk dukungan PKK Payakumbuh dalam upaya menyelamatkan generasi muda Payakumbuh dari serbuan peredaran dan penyalah gunaan Narkotika. Kader PKK Payakumbuh yang tersebar di setiap kelurahan, akan menjadi kader Sadar Narkotika.

Dikatakannya, setiap kader akan diposisikan sebagai penyuluh di lingkungannya masing-masing dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang ini. “Sosialisasi ini juga merupakan Training for Trainer, dimana kader-kader yang diun­dang dalam penyuluhan ini akan berperan penyuluh bagi keluarga dan lingkungannya,”sebutnya.

Kesepakatan dengan BNN ini, sebut Henny Riza, juga menyam­but Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 22 April. “PKK Payakumbuh menginginkan, pe­ringatan Hari Kartini bukan hanya sebagai seremonial dan sekedar ‘peringatan’ saja. Kita ingin ada­nya aksi nyata yang dilakukan ibu-ibu anggota TP-PKK dalam upaya menyelamatkan generasi muda Payakumbuh. Salah satunya sebagai kader yang sadar akan bahaya Narkotika dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing, sampai ke lingkungan sekitar tempat mereka ber­do­misili,” sebutnya.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, mengapresiasi langkah berani yang dilakukan oleh TP PKK Payakumbuh ini. Penan­datanaganan MoU antara TP-PKK Payakumbuh dan BNN Payakumbuh ini, sebagai bentuk dukungan dari masyarakat kepada Pemko Payakumbuh, untuk saling bahu membahu dalam upaya memberantas peredaran dan pe­nyalahgunaan Narkotika.

 Payakumbuh sebagai kota perlintasan, memang menjadi sasaran empuk bagi oknum-ok­num yang ingin menjerumuskan generasi muda dengan Narkotika. Terlebih lagi, Kota Payakumbuh telah menempati peringkat ke-2 dalam peredaran dan penya­lahgunaan Narkotika ini setelah Kota Padang. Hal ini menjadikan kota Payakumbuh sebagai Kota yang Darurat Narkotika. “Kita berharap, langkah yang diambil oleh PKK ini, bisa menjadi salah satu langkah nyata dalam upaya memberantas Narkotika ini. Men­jadikan Payakumbuh sebagai Kota Zero Narkotika,” ujar Wako.

Hal senada juga diungkapkan Kepala BNN Payakumbuh, AKBP Firdaus ZN. BNN yang menyam­but positif kepakatan ini. “Dengan penandatanganan MoU ini, TP-PKK Payakumbuh akan menjadi mitra BNN dalam memberi pe­nyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang baha­yanya Narkotika ini. Semoga kesepakatan ini bisa menjadi pemicu bagi kita semua dan bersa­ma-sama menyelamatkan gene­rasi muda dari bahaya Narkotika,” ulasnya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]