Pencairan Dana Desa Tahap I Sumbar 2016

Baru untuk Empat Kabupaten dan Kota


Jumat, 15 April 2016 - 03:23:04 WIB

PADANG, HALUAN — Pencairan dana desa Kabupaten Kota di Sumatera Barat (Sumbar) tahap pertama sudah cair, namun baru di empat Kabupaten Kota. Diantaranya, Solok, Sijunjung, Solok Selatan dan Sawahlunto.

Kepala BPM Sumbar Syafrizal MM saat dijumpai Haluan, Kamis (14/4) di Kantornya mengatakan, pencairan pada tahun 2016 ter­bagi dua tahap (60/40). Pada tahap pertama ini di bulan Maret baru empat Kabupaten Kota yang cair namun yang lainnya sudah dalam proses.

“Yang belum cair ter­sebut terkendala karena belum memenuhi syarat yang seharusnya dilengkapi. Na­mun hingga saat ini se­dang dalam proses,” jel­as­nya.

Di­katakannya, yang akan cair itu ada sebanyak 14 Kabupaten Kota dan ada sekitar 10 lagi yang sedang dalam proses.

“Syaratnya tentu saja sudah diketahui masing-masing kabupaten kota se­perti APBD 2016, mem­buat rencana kerja RKP, Perbup dan laporan Se­mester II atau laporan akhir tahun penggunaan dana desa tahun sebe­lum­nya,” terangnya.

Dilanjutkan Syafrizal, diperkirakan dalam bulan ini syarat di 10 Kabupaten Kota harus sudah selesai dan dana bisa dicairkan.

“Kita akan pantau terus dan yang sudah proses akan diper­cepat pencairan da­nanya. Supaya, pada ta­hap kedua tidak ada ke­ter­lambatan la­gi dalam me­menuhi syarat,” tuturnya.

Sesuai dengan Per­aturan Menteri Desa no­mor 21 tahun 2015 tentang pene­tapan prioritas peng­gunaan dana desa tahun 2015, ma­sing-masing Ka­bupaten Ko­ta di Sumbar harus segera me­ng­alo­ka­sikan, me­nya­lur­kan, me­mantau dan Evaluasi dana desa. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]