Setelah Sempat Tegang Sehari

Hubungan DPRD dan Eksekutif Mencair Kembali


Jumat, 15 April 2016 - 03:34:36 WIB
Hubungan DPRD dan Eksekutif Mencair Kembali Ketua DPRD Benny Yusrial menyerahkan Pokir (Pokok Pikiran) yang diterima Sekda Yuen Karnova, setelah sebelumnya terjadi kesalahan teknis pada acara Pembukaan Musrembang Senin lalu, sehingga berakibat terjadi salah pengertian. (SYAMSUARDI S)

BUKITTINGGI, HALUAN — Masalah salah pengertian antara Ketua DPRD dengan Walikota Bukittinggi, akibat terjadinya kesalahan teknis pada acara Pembukaan Musrembang Senin lalu, akhirnya dengan sikap dewasa kedua pihak, hubungan kemitraan eksekutif-legislatife kembali mencair secara elegan.

Pada Rapat Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah yang ber­lang­sung di gedung DPRD Kota Bukittinggi Rabu, (13/4), Sekda mewakili Kepala Dae­rah secara elegan me­minta maaf atas terjadinya kesalahan teknis pada susunan acara dalam Pembukaan Mu­srem­bang Senin lalu (11/4) yang berakibat walikota dan wakil walikota meninggalkan rua­ngan setelah coffee break.

Akibat terjadinya ke­sa­lahan teknis dalam susunan acara itu, Walikota Ramlan Nurmatias Dt. Nan Basa dan Wakil Walikota Irwandi Dt. Batujuah, seperti lazimnya, usai acara pembukaan, lang­sung meninggalkan ruangan dan sekalian diikuti Sekda Yuen Karnova sendiri.

Padahal pada sesi kedua, usai istirahat minum kopi/teh, itu Ketua DPRD Benny Yus­rial menyampaikan pokok-pokok pikiran yang seharusnya di­hadapan Kepala Daerah. Aki­batnya, penyampaian Pokir dari Ketua DPRD itu, hanya diikuti sejumlah kepala SKPD saja, sehingga dokumen pokir tidak jadi diserahkan Ketua DPRD kepada Walikota. Si­tuasi acara penyampaian po­kok-pokok pikiran itu, dinilai sejumlah pihak sebagai me­ren­dahkan kelembagaan DPRD. ”Kami meminta atas terjadinya ke­salahan teknis pada acara Pem­bukaan Musrembang itu, dan Insya Allah tak akan ter­ulang lagi pada masa-masa men­da­tang,” kata Sekda Yuen Kar­nova. Penyataan maaf se­cara elegan dari pihak eksekutif ini di­sampaikan Sekda setelah Ketua Pansus M Nur Idris, SH me­minta Sekda sebagai me­wakili eksekutif untuk me­nanggapi terjadinya sedikit “ke­tegangan” pada acara pem­bukaan tersebut.

“Sekali lagi kami minta maaf. Memang telah terjadi kesalahan teknis pada acara tersebut,” ungkap Yuen Kar­nova. Rapat yang dipimpin langsung Ketua Benny Yusrial ini dihadiri sejumlah staf sekre­tariat daerah dan Kepala SKPD yang juga hadir pada acara pembukaan Mu­srem­bang pada Senin lalu.

Pada kesempatan itu, Benny Yusrial juga me­nya­yangkan, tidak ada pejabat senior ek­sekutif yang me­ngi­ngatkan kepala daerah, supaya dapat menghadiri acara pe­nyam­paian pokir yang se­yogyanya dihadiri kepala dae­rah. “Sebab usai penyampaian pokir itu, do­kumen pokir, Ketua DPRD langsung me­nyerahkan kepada Wali­kota,” kata Benny men­am­bahkan. Ia juga membenarkan bahwa Walikota Ramlan Dt. Nan Basa tidak bermaksud me­rendahkan kelembagaan DPRD. “Hanya saja, di­sa­yangkan mengapa tidak ada pejabat eksxekutif senior yang mengingatkan,” tambahnya.

Usai Rapat Pansus ke­marin, Anggota DPRD Da­tuak Rusdi juga me­nge­mu­kakan hal senada. DPRD sangat memahami bahwa da­lam hal-hal seperti ini, tentu tidak selalu dalam pe­nguasaan walikota. “Apalagi Walikota kan baru menjabat, mestinya pejabat senior atau Sekda yang mesti mengingatkan beliau, sehingga tidak terjadi kesalah-pahaman ini,” kata Datuak Rusdi. (h/sms/tot/ril)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 08 Januari 2018 - 18:00:22 WIB

    Hubungan Bilateral Solsel- Agam Harmonis

    Hubungan Bilateral Solsel- Agam Harmonis SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Hubungan bilateral antara kabupaten Solok Selatan (Solsel) dengan Agam kian harmonis. Hal ini terlihat dari hubungan kekerabatan yang begitu erat dari dua kabupaten itu. Pascabanjir bandang me.
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:25:23 WIB

    IKSM Pererat Hubungan Perantau dan Anak Nagari

    IKSM Pererat Hubungan Perantau dan Anak Nagari Agam, Haluan — Ikatan Keluarga Srikandi Manggopoh (IKSM) Jabodetabek menggelar pertemuan di Gedung Darul Hitam Kebon Kacang Tanah Abang, kegiatan tersebut dalam rangka memperkuat hu­bungan perantau dan urang kampuang. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]