Ada 397 Pedagang di Pasar Nanggalo


Jumat, 15 April 2016 - 03:35:26 WIB

PADANG, HALUAN — Pasar Nanggalo yang terletak di Jalan Raya Siteba  berdiri pada tahun 1986 dan memiliki luas 2.172, 50 Ha. Staf  restribusi pasar Siteba Gustina pada Haluan, Kamis (14/4) menuturkan, banyaknya pedagang di pasar saat ini tercatat kurang lebih 397 ora­ng. Dengan rincian pedagang toko 59, pe­dagang meja batu 140, los ikan 32, los ayam 16 dan pedagang kaki lima (PKL) 150 orang.

“Alhamdullilah sarana dan prasarana yang di miliki oleh pasar ini sudah hampir sama dengan pasar- pasar yang lain, karena di sini kami telah me­miliki WC umum, Masjid yang terletak di belakang pasar, kontainer dan  alat-alat keber­sihan lainnya seperti, bak sam­pah, sapu. Kami juga men­yediakan karung untuk ma­sing-masing pedagang, agar mereka bisa membuang sam­pah ke dalam karung yang telah di­se­dia­kan tersebut,” ungkapnya.

Namun, nasib dari pe­daga­ng yang ada di pasar ini tidak jauh berbeda dengan pedagang-pedagang di pasar lainnya. Pasalnya, banyak pedagang yang mengeluh karena da­gangan mereka tidak banyak terjual. Penghasilan yang di­dapatkan sangat jauh merosot dibanding dengan penghasilan yang di dapat pada tahun se­belumnya.

Zaimis (50) seorang pe­dagang sembako yang telah berjualan selama 15 tahun mengungkapkan keluhannya kepada Haluan, akhir-akhir ini dagangan tidak laku terjual terjual, biasanya ia meraup keuntungan sebesar Rp1 juta bahkan lebih. Sekarang men­dapatkan keuntungan Rp 500 ribu saja sangat susah.

Staf UPT Dinas Pasar Si­teba yang tidak mau disebutkan namanya, memang mengakui kalau saat ini pedagang banyak yang mengeluh, ini terjadi karena salah satu faktor eko­nomi masyarakat yang tidak kunjung meningkat.

“Kami dari pihak UPT telah memberikan fasilitas dan kenyamanan bagi semua pe­dagang contohnya, dengan men­yusun secara rapi tempat-tempat dagangan sesuai dengan barang dagangannya masing-masing,” pungkasnya, (h/mg-ina)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]