Pessel Ulang Tahun ke-68

Tiga Pasar Jadi Pusat Grosir


Jumat, 15 April 2016 - 03:51:48 WIB

PAINAN, HALUAN — Hari ini, Jumat tanggal 15 April 2016, Kabupaten Pesisir Selatan berusia 68 tahun (1948-2016). Pada peri­ngatan hari ulang tahun ini, Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pessel meng­gelar rapat paripurna, mulai pukul 08.30.

Kabag Humas Pemkab Pessel Sabrul Bayang mengemukakan, panitia telah menyebar 900 undangan untuk menghadiri peringatan hari bersejarah bagi Pessel.

“Bupati dan Walikota se Sumatera Barat turut diundang. Kemudian Ikatan Keluarga Pesisir Selatan di berbagai daerah, di antaranya  Bengkulu dan Riau juga diun­dang,” kata Sabrul Kamis (14/4) kemarin.

Pessel saat ini sudah mengalami banyak kemajuan. Daerah paling selatan Sumatera Barat ini menjadi terkenal berkat pe­ngembangan pariwisatanya yaitu kawasan Mandeh.

Saat ini, Pessel juga tengah membenahi pasar-pasar keca­matan. Sembilan pasar keca­matan dijadikan pasar semi mo­dern, sementara tiga pasar lain­nya dija­dikan pusat grosir dengan pangsa pasar provinsi tetangga yakni untuk wilayah sekitar Mu­ko Muko (Bengkulu) dan Kerinci (Jambi). 

Sembilan kecamatan yang saat ini tengah menjadi pasar semi modern adalah Pasar Lu­nang Silaut, Pasar Indrapura, Pasar Air Haji, Pasar Balai Sela­sa, Pasar Surantiah, Pasar Batang Kapas, Pasar Salido, Pasar Asam Kumbang, Pasar Tarusan.

Sekda Pessel Erizon Kamis (14/4) mengatakan, sembilan kecamatan yang telah dalam proses menjadi pasar semi mo­dern merupakan amanah dari Perda 08 tahun 2010 tentang RPJP 2005 - 2025.

“Jadi ini sudah menjadi tar­get. Pemerintah telah melakukan sejumlah pembenahan di pasar yang dijadikan sebagai pasar semi modern. Pasar semacam itu di­tan­dai dengan fasilitas dan mana­jemen pasar modern yang bisa membuat para pelaku ekonomi nyaman berdagang atau bertran­saksi dipasar tersebut,” katanya.

Yang terpenting saat ini dila­kukan pemerintah adalah me­nata dan memperluas kawasan pasar itu sendiri. Untuk hal ini menurutnya, pemerintah telah melakukan perluasan di se­jum­lah pasar, misalnya Pasar Air Haji, Pasar Inderapura dan ter­akhir Pasar Asam Kumbang.

“Pasar semi modern tersebut didesain mampu melayani ke­butuhan pasar lokal dan para pengguna jalan Lintas Barat Sumatera. Seluruh kebutuhan masyarakat ada disini, termasuk pelayanan yang sesuai dengan pasar semi modern,” ungkapnya.

Sementara terkait dengan pasar tumpah yang terjadi setiap hari pekan, maka pemerintah pada beberapa pasar telah mela­kukan penertiban. Pasar Kam­bang kini kondisinya tidak sepa­rah dua tahun lalu. “Kita tidak menampik bahwa pasar tumpah masih menyisakan banyak per­soalan, namun setidaknya kini telah terjadi perubahan,” katanya.

Selanjutnya, tiga pasar yang di jadikan sebagai pusat grosir Pe­sisir Selatan adalah Pasar Kam­bang, Pasar Tapan dan Pasar Baru Bayang. “Kini, ketiga pasar di­mak­sud telah hampir memenuhi sarat sebagai pusat grosir di Pesisir Selatan,” ungkapnya.

Pusat grosir ini menurutnya mampu memenuhi kebutuhan jual beli secara langsung  dengan konsumen, maupun memenuhi kebutuhan barang eceran pasar kecamatan lainnya. Sementara fungsi Pasar Kota Painan sebagai pusat kegiatan lokal akan ber­kembang dengan mantap.

“Pasar semi modern dan pusat grosir di tiga kecamatan merupakan indikator kinerja utama pencapaian visi dan misi RPJP Pessel sampai 2025,” pungkasnya. (h/har/met)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]