Wahana Liar Gelar Sekolah Desa


Jumat, 15 April 2016 - 14:04:51 WIB

Agam, Haluan — LSM Wahana Liar Sumbar memberikan pelatihan atau sekolah desa terhadap 30 orang peserta dari 6 nagari dalam kecamatan Palembayan. Pelatihan dilaksanakan di Kantor Wre­datama setempat dari Selasa(12/4), Ka­mis(14/4).

Peserta dari nagari terdiri dari unsur wali nagari, bamus, KAN, perangkat nagari dan bundo kanduang.

Menurut ketua pelaksana, M.Ax. An­thony Sikumbang tujuan sekolah desa memberikan pengetahuan tentang keta­hanan pangan, alih fungsi lahan, dan dana desa.

Acara dibuka oleh camat Palembayan Aryati, dihadiri koordinator LSM Wahana LiarmTeguh SP,MsI, ketuan BPMPN Agam Welfizar.

Nara Sumber dari Yayasan Karsa Yogya, Yandu dan Arum, dari Akademisi UGM dan dari BPMPN Agam Welfizar.

Kegiatan ini telah dilaksanakan sebanyak dua kali dan akan dilanjutkan untuk ketiga kalinya dalam waktu dekat.

Dalam sekolah desa tersebut terungkap dari peserta, masalah yang significan dihadapi masyarakat kecamatan Palem­bayan saat ini adalah semakin bertambah banyak alih fungsi lahan dari lahan pertanian ke kebun sawit, sehingga menyebabkan kekeringan karena pohon palma tersebut membutuhkan air banyak dan tidak menyerap air.

Untuk menghadapi persoalan tersebut diperlukan Perna tentang pemanfaatan lahan pangan dan tumbuhan yang berkontribusi terhadap pelestarian ling­kungan. (h/ks)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Juli 2016 - 14:55:14 WIB

    Pasaman Optimis Raih Wahana Tata Nugraha untuk Kali Kelima

    Pasaman Optimis Raih Wahana Tata Nugraha untuk Kali Kelima PASAMAN, HALUAN--Pemerintah Kabupaten Pasaman, optimistis dapat mempertahankan piala WTN untuk kali kelima, sejak anugerah itu diraih pada 2012 hingga 2015 lalu. Pasalnya, kota Lubuksikaping, saat ini tengah mengikuti penila.
  • Jumat, 29 Juli 2016 - 14:28:17 WIB

    Pasaman Barat Optimis Raih Wahana Tata Nugraha

    Pasaman Barat Optimis Raih Wahana Tata Nugraha PASBAR, HALUAN-- Kabupaten Pasaman Barat optimis meraih Wahana Tata Nugraha (WTN). Penghargaan bergengsi ini kategori lalu lintas dan angkutan jalan. Penilain WTN akan diumumkan pada 17 September mendatang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]