Persiapan Musim Haji 2016

Pengurusan Paspor Tuntas


Sabtu, 16 April 2016 - 01:30:28 WIB

PADANG, HALUAN — Kanwil Kemenag Sumbar mulai mempersiapkan keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) 2016. Tahun ini, kuota haji Sumbar masih sama seperti tahun lalu sebanyak 3.599 CJH. Mereka yang akan berangkat ke tanah suci itu adalah CJH dengan nomor porsi 50.252 sampai nomor porsi 53.807.

Kabid Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumbar, Syamsuir mengatakan, per­siapan musim haji 2016 telah dimulai sejak De­semb­er 2015. Salah satunya per­sia­pan ad­ministrasi. Saat ini pengurusan paspor jemaah yang akan be­rangkat telah tuntas 100 persen.

“Bahkan jemaah telah mu­lai melakukan manasik yang dijadwalkan be­r­lang­sung sam­pai Agustus,” te­rang Syamsuir.

Namun hingga kini, be­saran Ongkos Naik Haji (ONH) belum ditetapkan pe­merintah. Karena itu, untuk pe­lunasan ONH masih m­e­nunggu ke­pu­tusan pemerintah. Te­t­api di­harapkan, ketika besaran ONH sudah ditetapkan maka jemaah segera melunasinya.

CJH Embarkasi Padang ren­cananya akan berangkat dalam 11 kloter. Untuk CJH Bengkulu, masih menggunakana embarkasi antara, hanya transit di BIM. Sedangkan pengurusan dokumen serta manasik dilakukan di dae­rah mereka.

Sedangkan jemaah asal Jam­bi, seperti tahun lalu, maka tahun ini tidak lagi berangkat melalui Embarkasi Padang. Mereka be­ran­g­kat melalui Embarkasi Ba­tam dengan alasan lebih dekat dibanding ke Padang.

Sementara persiapan asrama menyambut CJH 2016, menurut Syamsuirm sejauh ini tak ada persoalan, baik masalah pe­nginapan, jumlah tempat tidur serta fasilitas lain telah tersedia dengan jumlah yang memadai.

“Tahun lalu beberapa bulan je­lang keberangkatan, ada be­berapa perbaikan yang kita la­kukan. Jadi sekarang tak ada masalah lagi,” jelasnya.

Selain fasilitas yang tahun-tahun sebelumnya biasa dipakai, menurut dia, pengembangan juga terus dilakukan pada Asrama Haji Tabing. Dua gedung baru tengah dibangun. Anggaran un­tuk membangun dua gedung baru itu sekitar Rp11 miliar. Di­tar­getkan tahun 2017 mendatang  ba­ngunan telah bisa diman­faat­kan sesuai peruntukkannya.

Komunikasikan dengan Dewan

Sementara itu, anggota DPRD Sumbar, Yuliarman berha­rap jelang pelaksanaan haji 2016, Kanwil Kemenag Sumbar, telah mulai melakukan komunikasi dengan DPRD dari sekarang.

“Biasanya persiapan haji di­informasikan ke kami tiga bulan jelang keberangkatan. Tapi untuk maksimalnya pelaksanaan haji 2016 ini, tak ada salahnya jika persiapan haji disampaikan mu­lai dari sekarang,” sebut Se­kre­taris Komisi V DPRD Sumbar tersebut, Kamis (14/4).

Disebut Yuliarman, hal ini mengingat tahun lalu beberapa hari jelang keberangkatan masih ada beberapa hal yang belum siap, atau masih tengah dibenahi. Dalam hal ini, dia meminta Kemenag Sumbar jangan fokus dengan pembangunan asrama haji yang baru saja. Kesiapan Asrama Haji Tabing yang akan dipakai sebagai penginapan CJH juga harus jadi perhatian.

“Jika masih ada fasilitas yang perlu dibenahi, segera benahi. Jangan sampai jelang ke­be­rang­katan jemaah, baru akan dip­er­bai­ki,” katanya. Sebelum masa sidang per­tama selesai April ini, pi­haknya akan mempertanyakan ma­salah persiapan keberangkatan CJH ini pada Kemenag Sumbar. (h/len)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 November 2018 - 22:38:02 WIB

    Pengurusan KTP-el Masih Berbelit

    Pengurusan KTP-el Masih Berbelit PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Silfeni memastikan saat ini di setiap kecamatan di Kota Padang masih mempunyai blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Terakhi.
  • Rabu, 25 Juli 2018 - 10:59:06 WIB

    Isu Pungli Pengurusan KTP el, Kepala Disdukcapil Minta Bukti Jelas

    Isu Pungli Pengurusan KTP el, Kepala Disdukcapil Minta Bukti Jelas PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kabar beredar dugaan pungutan liar (pungli) dalam pengurusan KTP Elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, dibantah keras oleh Wedistar, kepala organisas.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 05:11:39 WIB

    Proses Pengurusan Ribet, Pembagian KIS/KIP Tidak Merata

    PADANG, HALUAN — Pem­bagian Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar (KIS/KIP) di Kota Pa­dang dianggab tidak me­rata, Rabu (5/10). Banyaknya warga yang kurang mampu tidak mendapatkan KIS/KIP tersebut..
  • Kamis, 09 Juni 2016 - 03:36:28 WIB

    Masa Kepengurusan PWI Sumbar Diperpanjang

    Masa Kepengurusan PWI Sumbar Diperpanjang PADANG, HALUAN — Masa Kepengu­rusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat periode 2011-2016 diperpanjang selama tiga bulan. .
  • Selasa, 10 Mei 2016 - 05:05:28 WIB

    Jelang Ramadan, Pengurusan Paspor Diprediksi Turun

    Jelang Ramadan, Pengurusan Paspor Diprediksi Turun PADANG, HALUAN—Pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang jelang Ramadan tahun ini diprediksi mengalami penurunan. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM