500 ASN Ditarik ke Provinsi


Sabtu, 16 April 2016 - 04:20:19 WIB
500 ASN Ditarik ke Provinsi

DUMAI, HALUAN — Hingga kini, Pemko Dumai tengah membahas rencana menjalankan kebijakan pusat menarik sejumlah urusan dan kewenangan daerah ke Pemerintah Provinsi yang akan mulai diterapkan Oktober 2016 ini.

Disampaikan Sekretaris Daerah Kota Dumai, Said Mustafa, penarikan kewe­nangan ini merupakan ama­nat perundangan dan pe­me­rintah daerah siap men­ja­lan­kan meski harus kehilangan ratusan pegawai dan sejumlah aset daerah.

“Peralihan kewenangan ini akan membuat 500 apa­ratur sipil negara dari ber­bagai instansi pemerintah daerah beralih urusan dan menjadi pegawai Provinsi Riau,” kata Sekda, Kamis (14/4).

Sejumlah urusan yang akan ditarik kewenangan tersebut, berasal dari be­berapa bidang di sejumlah instansi daerah. Seperti pengelolaan dua terminal di Di­nas Perhubungan, Pen­didikan SMA/SMK Dinas Pendidikan, Pengawas Di­nas Kelautan, Kesbang Po­lin­mas dan Dinas Ke­hu­tanan.

Penarikan kewenangan pegawai daerah ke provinsi ini termasuk juga per­pin­dahan pengelolaan dua aset berupa fasilitas Terminal Barang dan Terminal AKAP yang sebelumnya dikelola Dinas Perhubungan se­tem­pat.

Ke­mudian, selain pe­narikan beberapa urusan daerah ke provinsi, Pe­me­rintah Kota Dumai diberi juga tambahan kewenangan uru­san, yaitu bidang Me­teorologi pada Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan.

”Setelah peralihan be­r­arti pegawai tidak lagi men­jadi beban daerah me­lain­kan provinsi atau pusat, namun mereka tetap ber­kantor dan mengabdi di Dumai,” jelasnya.

Disamping itu, pe­merintah terus berusaha mem­pertahankan aset ber­u­pa Terminal Barang dan AKAP karena menjadi sum­ber pendapatan keuangan asli daerah yang ber­kon­tribusi belasan miliar rupiah tiap tahun.

Sebelumnya, Kepala Ba­dan Kepegawaian dan Di­klat Dumai Sepranef Sya­m­sir menyebutkan, pe­me­rintah daerah saat ini masih kekurangan 1.000 pegawai negeri untuk mengisi be­berapa posisi dan teknis yang dibutuhkan.

“Pemerintah saat ini masih kekurangan seribu pegawai, dan kita tetap akan mengusulkan kebutuhan ke pusat,” ujarnya beberapa waktu lalu. (zul)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]