Liverpool Kalahkan Dortmund

Kisah Istanbul 2005 Kembali Terulang


Sabtu, 16 April 2016 - 04:44:46 WIB
Kisah Istanbul 2005 Kembali Terulang PARA pemain Liverpool melakukan selebrasi usai mengalahkan Dortmund dengan skor 4-3 di Anfield, Jumat (15/4).Liverpool lolos ke semi final Liga Europa dengan agrgat 5-4.

LIVERPOOL, HALUAN — Liverpool berhasil bangkit dan berbalik mengalahkan Borussia Dortmund 4-3 di Anfield, Jumat (15/4) pada  laga perempatfinal leg II Liga Europa. Sukses ini terinspirasi kisah comeback Liverpool di Istanbul pada 2005 silam dalam final Liga Champions melawan AC Milan. Liverpool lolos ke babak semi final dengan agregat 5-4.

Dortmund mengawali pertandingan dengan men­janjikan setelah Henrikh Mkhitaryan dan Pierre-Eme­rick Aubameyang mem­beri keunggulan cepat di paruh pertama. Setelah turun mi­num, Divock Origi mem­perkecil skor tapi Dort­mund menjauh lagi lewat gol Marco Reus. Usai tertinggal 1-3, Liverpool justru mampu mencetak tiga gol tambahan melalui Philippe Coutinho, Mamadou Sakho, dan Lov­ren untuk melengkapi come­back-nya.

“Saya bilang kepada para pemain tentang beberapa pemain Liverpool sebe­lum­nya yang pernah tertinggal 0-3 di sebuah final dan me­menangi Liga Champions. Jadi bahkan dalam situasi yang tampaknya tidak mung­kin pun, kalian bisa mela­kukannya,” ungkap Klopp yang dikutip Telegraph.

Kerja keras Liverpool tampak dari penguasaan bola mereka yang mencapai 60% seperti dicatat who­scored. Mereka melepaskan 21 percobaan meski hanya empat yang tepat sasaran. Tapi keempatnya berbuah gol. Sementara Dortmund punya 12 upaya, enam di antaranya mengarah ke ga­wang.

“Sulit untuk dijelaskan. Sebuah malam yang benar-benar indah di Anfield dan sejujurnya pertandingannya berjalan aneh. Ketika kami memasukkan Daniel Stur­ridge dan Joe Allen, kami memberikan mereka pesan harus menunjukkan ka­rakter . Saya tak peduli kalau kami akhirnya kalah, kami harus menunjukkan mereka karakter kami dan bahkan malah melakukan lebih. Ini adalah sepakbola Eropa dalam pertunjukkan ter­baik­nya. Ini sulit dipercaya. Selamat untuk semua pe­main,” kata Klopp kepada BT Sport.

Pelatih Dortmund Tho­mas Tuchel tampak tidak percaya dengan hasil ini. “Saya tidak bisa me­n­je­laskannya, ini tidak logis. Tadi sangat emosional. Di akhir dalam kedudukan 3-3, semua orang di sini per­caya itu adalah akhirnya, itu takdir,” ucap Tuchel di BBC Sport.

“Kalau Anda memiliki sebuah keyakinan yang kuat maka banyak hal bisa ter­jadi. Kami punya ambisi dan kami tidak men­ca­pai­nya. Olahraga adalah ten­tang kemenangan dan kami tidak berhasil. Anda harus menerimanya dan kalah secara terhormat jadi sela­mat untuk Liverpool. Anda harus menerima kekalahan seperti seorang juara,” im­buh Tuchel. (h/san)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]