Perbaikan Kinerja

Bawaslu Berharap Kritikan Masyarakat


Sabtu, 16 April 2016 - 04:47:11 WIB

AGAM, HALUAN — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat meng­harapkan kritikan dan ma­sukan dari masyarakat serta organisasi kepemudaan untuk perbaikan kinerja pengawasan dalam pelaksanaan tahapan pilkada yang akan datang.

“Masukan dan kritikan pada pelaksanaan Pilkada serentak 2015 diperlukan un­tuk dijadikan bahan perbaikan agar pengawasan pelaksanaan Pilkada mendatang lebih ba­ik,” kata Ketua Bawaslu Sum­bar, Eliyanti pada rapat koor­dinasi evaluasi pengawasan pelaksanaan pemilihan guber­nur, bupati dan wali kota di Lubuk Basung, Jumat (15/4).

Dia mengatakan evaluasi kinerja Bawaslu Sumbar meru­pakan bagian yang penting untuk meningkatkan kinerja pengawasan pelaksanaan pesta demokrasi.

Beberapa pelaksanaan pe­nga­wasan yang sudah direnca­nakan sebelumnya namun tidak dapat dilaksanakan seca­ra maksimal, maka kendala-kendala itu akan menjadi cata­tan penting agar pada penga­wasan pilkada selanjutnya dapat ditingkatkan.

Pendapat dan masukan ini akan dijadikan bahan pertim­bangan untuk mengambil kebija­kan. Dan masyarakat dianggap memiliki kapasitas untuk memberi kritik, saran dan pendapat kepada Bawaslu, karena mereka berada di lapa­ngan saat pelaksanaan pilkada.

Masyarakat adalah pihak yang paling sering berada di lapangan. Karena itu Bawaslu Sumbar perlu mendengarkan kritikan dan saran atas kinerja pengawas pilkada. “Kita telah mengadakan rapat di 19 kabu­paten dan kota di Sumbar. Kabupaten Agam merupakan daerah terakhir untuk pelak­sanaan ini,” katanya seperti diwartakan antarasumbar.

Dari hasil diskusi ini nantinya akan dijadikan bahan untuk menyusun rekomendasi ke Bawaslu pusat, termasuk keberadaan Panwas kabupaten dan kota yang seharusnya bersifat tetap dengan masa jabatan komisioner selama lima tahun.  (h/yan)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 April 2020 - 15:45:20 WIB

    Bawaslu Agam Lakukan Aksi Solidaritas Donor Darah dan Bagi-bagi Masker

    Bawaslu Agam Lakukan Aksi Solidaritas Donor Darah dan Bagi-bagi Masker LUBUKBASUNG, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam merayakan hari jadi yang ke ke-12 tahun dengan mengangkat tema Bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19. .
  • Kamis, 09 April 2020 - 14:10:56 WIB

    Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun

    Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menggelar Aksi Peduli Covid-19 memperingati 12 tahun berdirinya lembaga keadilan Pemilu tersebut, Kamis (09/04)..
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 22:38:53 WIB

    Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari

    Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Komisioner Bawaslu Bukittinggi bersilaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bukittinggi di ruang kerja Kajari Bukittinggi, Rabu (8/1) siang..
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 23:39:19 WIB

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solsel menyurati bupati dan wakil bupati setempat supaya tidak melakukan mutasi pejabat terhitung 8 Januari 2020. Hal ini disampaikan, Ade Kurnia Zelli selaku .
  • Senin, 15 Juli 2019 - 21:15:10 WIB

    Anggaran KPU dan Bawaslu Sumbar Akan Diakomodir 

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mulai merancang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020. Sejumlah poin strategis masuk dalam komposi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]