Sijunjung Terima Dana Desa Tahap I Rp24,4 Miliar


Sabtu, 16 April 2016 - 04:47:50 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN — Pemerintah Ka­bu­paten Sijunjung sudah menerima dana desa tahap pertama sebesar Rp24,4 Miliar dari pemerintah pusat.Dana desa tahap pertama sebesar 60 persen  tersebut diperuntukan bagi 60 nagari dan satu desa yang ada di kabupaten ini.

“Dana desa tahap per­tama sebesar 60 persen dari total dana desa tahun 2016 sudah masuk ke kas da­erah,” kata Kepala Badan Pem­berdayaan dan Pe­me­rin­ta­han Nagari (BPMPN) Kabu­paten Sijunjung, Me­dison, M.Si kepada Haluan diruang kerjanya, Kamis (14/4).

Menurut Medison, dana desa tahap pertama sebesar Rp24,4 Miliar itu masuk ke kas daerah, Rabu (13/4). Dana desa tahap pertama sebesar 60 persen  tersebut diperuntukan bagi 60 nagari dan satu desa di kabupaten berjuluk ranah lansek manih.

Pemkab Sijunjung sen­diri, sambung Kepala BP­MPN, segera mentransfer dana desa ke rekening na­gari/desa.Rencananya, da­lam waktu tujuh hari kerja dana desa itu sudah berada di rekening nagari/desa.” Dalam waktu seminggu, da­na desa tersebut sudah di­transfer ke rekening na­gari/desa,” jelas mantan Camat Kecamatan Kamang Baru.

Soalnya, sebut dia, per­syaratan pencairan dana desa bagi 60 nagari dan satu desa sudah dipenuhii, baik  Ang­garan Pendapatan Be­lanja (APB) nagari/desa, maupun Rencana Kegiatan Pem­ba­ngu­nan (RKP). “Ini meru­pakan persyaratan ya­ng harus dipenuhi nagari/desa.Dan semua nagari/desa di Ka­bu­paten Sijunjung sudah me­menuhi per­sya­ratan ter­sebut,” ujar Medison.

Selain memenuhi per­syaratan tersebut, lanjut dia,  pencairan dana desa bagi 60 nagari dan satu desa di kabupaten Sijunjung juga didukung dengan sumber daya manusia, baik itu pe­rang­kat nagari, tim pengeloa kegiatan(TPK) maupun pa­nitia pelaksana. “Kita juga telah membekali perangkat nagari/desa, TPK dan pa­nitia pelaksana  dengan pelatihan pengelolaan ke­uangan dan kegiatan dan manajemen pengelola ke­giat­an, laporan dan ke­uang­an,” katanya.

Menyinggung pe­la­k­sa­na­an kegiatan, menurut Me­dison, awal Mei seluruh na­gari/desa sudah bisa me­lak­sanakan kegiatan, dan di­harapkan Agustus men­datang dana desa tahap per­tama su­dah terserap se­luruhnya.

“Kita berharap kegiatan yang telah disusun ter­lak­sana sesuai aturan.Dan pi­hak­nya bersama tim ke­camatan siap memfasilitasi nagari/desa dalam pelak­sanaan kegiatan tersebut,” tuturnya.

Medison juga men­jelas­kan, pencairan dana desa tahap kedua sebesar 40 per­sen dari Alokasi Dana Desa (ADD) Rp40,6 Milyar, ren­cananya masuk ke kas da­erah Agustus mendatang. “Tahap kedua, sebesar 40 persen lagi masuk ke kas daerah Agustus men­data­ng,” jelasnya. (h/azn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]