Peringatan Tsunami Ancam Jepang

Gempa Beruntun Guncang Mentawai


Sabtu, 16 April 2016 - 05:10:45 WIB
Gempa Beruntun Guncang Mentawai

Gempa 7 SR di Jepang membuat warga Prefektur Kumamoto, Kyushu, kalang kabut menyusul peringatan tsunami di kawasan itu. Enam jam sebelumnya, gempa menggoyang Mentawai, tapi tak seluruh warga merasakan.

PADANG, HALUAN — Pa­dang diguncang gempa, lima jam sebelum gempa di Jepang berkekuatan 7 SR yang di­iringi peringatan tsunami. Gempa di Padang berpusat di perairan Mentawai, terjadi Jumat (15/4) sore kemarin, sekitar pukul 17.24 WIB dan 17.56 WIB. Hanya saja, gem­pa berkuatan 5 Skala Ricther (SR) dan 4,5 SR ini banyak tak dirasakan warga.

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

Dari data BMKG gempa pertama yang mengguncang perairan Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepu­lauan Mentawai, 3.58 Lintang Selatan, 100.45 Bujur Timur atau 70 kilometer dari Pagai Selatan dengan kedalaman 52 kilometer.

Sementara, pada gempa ke­dua terjadi pada pukul 17.56 WIB dengan kekuatan 4,5 SR berada di koordinat lokasi 3.74 Lintan Selatan,100.51 Bujur Timur dengan jarak 159 km Tenggara Pagai Selatan dengan kedalam 10 kilometer.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Perumda AM Kota Padang Imbau Warga Gunakan Air Seperlunya

Sebelumnya, selain dari Men­tawai, gempa juga mengguncang Kota Padang sekira pukul 11.43 WIB dengan kekuatan 3,7 SR. Gempa ini berlokasi di 73 KM Barat Daya Kota Padang dengan kedalaman 18 kilometer.

Gempa ini diakui  Ketua IAGI Sumbar, Ade Edward gem­pa itu terjadi di dekat kawasan gempa yang memicu tsunami pada tahun 2010. Jika di atas 6 SR gempa tadi itu bisa memicu tsunami . Menurutnya,  ini meru­pakan gempa beruntun yang terjadi sepanjang pekan ini mulai dari laut sampai di darat.

Namun, Ade mengajak warga tidak dikawatirkannya. Hanya saja, saat ia dihubungi wartawan, suami dari politisi NasDem ini tetap mengajak warga untuk waspada.

“Ini tetap perlu diawasi. Soalnya gempa sudah mendekati areal pulau Siberut, sebab menu­rut prediksi para ahli gempa besar 8 SR ini ada di lempeng Pulau Siberut, Sipora dan Ke­pulauan Batu,”ajak Ade.

Ditambah Ade, jika gempa sudah di tubuh tiga pulau yang ia sebut di atas, ini memici gempa besar akan melepaskan energi. Karenanya, saat ini masih tergo­long aman, tapi bukan berarti abai atas segela kemungkinan yang terjadi.

Peringatan Tsunami

Sementara itu, dari Jepang jempa berkekuatan 7 Skala Rich­ter (SR) mengguncang Prefektur Kumamoto, Kyushu. Peringatan adanya tsunami dikeluarkan me­nyusul terjadinya gempa tersebut.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari CNN, Sabtu (16/4), gempa terjadi pada Sabtu (16/4) dini sekitar pukul 01.25 waktu setempat atau Jumat (15/4) pu­kul 23.25 WIB. US Geological Survey mencatat gempa berpusat di dekat Kota Kumamoto dengan keda­laman 40 kilometer (25 mil).

Gempa kali ini berada di lokasi yang sama dengan gempa sekitar 6,2 SR yang terjadi pada Kamis (14/4) malam.

Warga yang berada di wilayah pesisir laut Ariake dan Yat­su­shiro diminta untuk menjauh sejenak menyusul adanya peri­ngatan tsunami. Seorang penyiar dari kantor berita NHK menya­takan gelombang tsunami ke­mungkinan memiliki tinggi 1 meter.

Gempa sekitar 6,2 SR yang terjadi di Kumamoto pada Kamis (14/4) malam menyebabkan 9 orang meninggal dan ratusan lainnya luka-luka. Pasca gempa pertama Kamis (14/4) sekitar pukul 21.26 waktu setempat, ada belasan gempa lain yang ber­kekuatan lebih kecil hingga Jumat (15/4) pagi. (h/mat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]