Tangkap Kurir Ganja Asal Aceh

Kodim Rohil Amankan 16 Kg Ganja


Senin, 18 April 2016 - 02:58:55 WIB
Kodim Rohil Amankan 16 Kg Ganja Dandim 0321 Rohil menyerahkan 16 Kg ganja kering kepada Polres Rohil.

BAGAN SIAPI-API, HALUAN — Baru beberapa bulan diresmikan, Kodim 0321 Rokan Hilir berhasil menangkap kurir ganja seberat 16 kg asal Aceh. Ganja tersebut rencananya akan diterima seseorang di Kecamatan Tanah Putih.

Dalam jumpa pers, Sab­tu (16/4), di Makodim 0321 Rokan Hilir, Dandim 0321 Letkol Arh Bambang S men­jelaskan, pihaknya me­nyerahkan tersangka pem­bawa ganja kepada pihak polres.

Kodim Rohil “Sabtu pa­gi dini hari, pukul 00.15 WIB, telah diamankan sau­dara yang mengaku atas nama Sa, lahir di Beuren, umur 37 tahun, pekerjaan pengangguran, alamat Alu Mungki Aceh Jempa, Beu­ren, yang sangkutan tidak membawa identitas apapun. Hanya membawa barang bukti berupa paket ganja, 17 paket, 16 paketnya rata rata 1 kiloan rata-rata, kemu­dian, satu paket kecil, ku­rang dari setengah kilo,” terang Dandim.

Penangkapan kurir ini ini bermula dari laporan masyarakat di Kecamatan Tanah Putih ada seseorang yang mencurigakan, turun dari mobil avanza dengan membawa karung dan me­nga­ku isinya ikan asin, per­sonil TNI segera datang ke TKP, bersama masyarakat menghubungi pihak polres.

“Barang ini atau orang tersebut yang mengaku membawa ikan asin ternyata berisikan paket ganja, setelah itu kami bawa kesini (Makodim, red), ditahan sementara, kami koordinasi dengan pihak polres, maka hari ini, kami serahkan ke­pada pihak polres untuk dilaksanakan proses hukum selanjutnya,” tutup Dandim.

Kapolres AKBP Su­bian­toro, SI, SIK mengapresiasi keberhasilan pihak Kodim 0321 Rokan Hilir yang cepat tanggap begitu mendapat laporan dari masyarakat, langsung menuju TKP dan mengamankan tersangka Sahlan, pemilik sekira 16 kg ganja.

“Tentunya ini keber­ha­silan kita semua, karena saat ini kita sedang perang me­lawan narkoba. Tentunya aparat kepolisian, aparat kodim, dan penegak hukum semuanya, tidak bisa bekerja sendiri, tanpa dukungan dan paritisipasi, dari segenap lapisan masyarakat,” ujar Kapolres.

Kasus ini sudah dilim­pahkan dipihak kepolisian, Kapolres berjanji akan mem­proses sesuai dengan ketentuan perundang-un­dangan yang ada dan akan dikem­bang­kan.

“Mudah-mudahan ke­depan, kita bisa lebih me­ngembangkan jaringan ini, untuk pemberantasan kepa­da bandar yang lebih besar. Tentunya dengan dukungan dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dan se­luruh instansi yang ada di Rokan Hilir ini,” katanya.

Sementara, Sa (37) war­ga Beuren, dijanjikan akan menerima upah Rp3 juta, jika 16 Kg ganja kering sampai ke Pekanbaru, Riau. Upah tersebut akan dite­rima dari temannya yang menyuruh mengantarkan paket tersebut.

Demikian disampaikan Dandim 0321 Rohil, Letkol Arh Bambang S melalui Pasi Intel Kodim, Kapt Rosman Sembiring.

“Dia mengaku akan di­bayar Rp3 juta, jika paket tersebut sampai ke tangan seseorang di Riau,” ujar Sembiring.

Namun, usaha untuk mengirimkan barang haram tersebut terhenti, ketika supir travel yang mem­ba­wanya menurunkan di Sim­pang Mutia Tanah Putih.

“Ternyata, dia tak bisa menjawab kemana tujuan­nya. Makanya supir travel menurunkan di Tanah Pu­tih,” ujar Sembiring.

Melihat gelagak ter­sang­k­a, anggota TNI Kodim 0321 Rohil langsung men­dekat. Merasa curiga, aparat terus mendesak agar mem­buka barang bawaan ter­sangka.

“Ketika ditanya, dia bi­lang bawa ikan asin. Tapi sama sekali tidak ada bau ikan asin, makanya langsung dibuka dan ternyata isinya ganja seberat 16 Kg,” terang Sembiring.

pelaku yang bernama Sa (37) asal Beuren, Aceh dige­landang ke Makodim Batu 6 Bagansiapiapi. Selanjut­nya, pelaku dan barang buk­ti yang diamankan dise­rahkan kepada Polres Ro­kan Hilir.

Sementara, ditempat yang sama, Kapolres Rokan Hilir, AKBP Subiantoro, SIk mengatakan, kasus ini akan mereka proses dan menelusuri jaringan ban­darnya. Dia meminta selu­ruh elemen masyarakat un­tuk melaporkan jika ada gerak gerik yang men­curi­gakan.

“Ini termasuk yang ter­besar yang diamankan Dan­dim Rohil. Kita sangat apre­siasi kerjasama TNI dalam memberantas Narkoba,” cetus Subiantoro yang ber­janji akan melakukan pe­ngem­bangan untuk mencari bandar yang lebih besar lagi.(h/rtc/grc/dar)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]