Masjid Al Azhar Lepas Jemaah Umrah


Senin, 18 April 2016 - 02:59:29 WIB

PADANGPANJANG, HALUAN — Masjid megah Al-Azhar Institut Seni Indonesia ( ISI ) Padangpanjang yang baru  sele­sai dikerjakan akhir tahun 2015, melepas  calon jamaah umroh perdana, yakni  garin masjid  Masril Katik bersama 11 calon jamaah dari kota Padangpanjang untuk  me­nunaikan ibadah  Umroh ke Ta­nah Suci. Rombongan dilepas  oleh rektor ISI Padangpanjang yang diwakili Firdaus Pem­bantu Rektor 3, Rabu lalu.

Garin Masril berangkat bukan dibiayai oleh masjid atau iuran jamaah, dia berangkat berdua dengan Istrinya Wit Sofianti dengan dana tabungan mereka berdua.

Purek 3 Firdaus  dalam kesempatan pelepasan jamaah umroh mengharapkan agar semua rombongan dapat menjalankan semua ibadah dengan sempurna di tanah suci nantinya.

Dengan telah di awalinya pelepasan jamaah untuk ber­tolak ke tanah suci, kata Fir­daus diharapkan dimasa masa datang dari masjid Al-Azhar ini juga bisa menjadi tempat pe­lepasan jamaah haji dari  Kota Padangpanjang. 

Sejak Masjid Al-Azhar ISI Padangpanjang mulai di­man­faatkan untuk shalat ber­ja­maah, Masril sudah me­ng­abdikan dirinya secara ikhlas dan  sukarela untuk mengurusi masjid yang dikenal di ling­kungan kampus “ Masjid In­sya­allah” karena sudah bertahun tahun terbengkalai.

Sejak lembaga pendidikan tinggi seni itu di pimpin Prof DR H Novesar Jamarun MS yang terpilih menjadi rektor,   masjid itu langsung dipakai untuk salat berjamaah karena Novesar mengaku  ingin me­mulai tugasnya dari masjid.

Berkat dukungan jamaah dan warga kampus, secara ber­angsur angsur pem­ba­ngunan­nya dilanjutkan. Tahun 2015, Pemerintah pusat menurunkan dana Rp 3 miliar untuk pe­nyelesaian pembangunan mas­jid yang diberi nama Masjid Al-Azhar.

  Pada hari raya Idul Adha tahun lalu, jamaah Masjid Al-Azhar telah mulai me­lak­sa­nakan kurban sebanyak 12 ekor sapi. Juga sudah dipakai untuk Salat Idul Fitri serta Salat Gerhana. “Untuk Idul Adha tahun ini sudah banyak pula yang mendaftarkan diri untuk ikut melaksanakan quran di Masjid Al-Azhar ISI,”  kata Firdaus. (h / one)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]