Gedung Nasional Solsel Dibangun di Sungai Pagu


Senin, 18 April 2016 - 03:01:45 WIB

SOLSEL, HALUAN— Ge­dung Nasional Solok Selatan (Solsel) kembali akan diba­ngun di Kecamatan Sungai Pagu. Pasca kebakaran yang terjadi pada Senin, 23 Feb­ruari 2015 lalu. Dilihat dari gambar desain, Pem­bangunan Gedung Nasional kembali dibangun di lokasi yang lama. Bedanya, dulu satu lantai sekarang dibangun dua lantai.

Masih dari gambar pra desain,untuk ruangan lantai satu terdiri dari ruangan Kera­patan Adat Nagari (KAN), ruangan rapat,ruang admi­nistrasi,ruang perpus­takaan, ruang pamer dan dilengkapi Mushalla. Sedangkan Aula, ruang ganti atau persiapan dan gudang terdapat di lantai dua. Untuk landscape akan dilengkapi pagar dan peka­rangan.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sol­sel, Adwisd Patris Bimbe me­nga­takan, ornamen digambar pra desain Gedung Nasional mempunyai arti tersen­diri, seperti adanya warna hitam dan merah seperti yang ada pada Marawa. Namun de­mikian katanya, semua orna­men tersebut baru sebatas pra desain.

“Nanti pra desain ini akan di presentasikan dahulu oleh konsultan kepada pihak Keca­matan Sungai Pagu. Kalau tidak ada perobahan pada gambar pra desain baru masuk pada tahap tender,”katanya. Dia mengatakan, sumber da­na pembangunan Gedung Nasional murni memakai da­na APBD Solsel 2016 dengan pagu dana pembangunan Rp 5 miliar.

Sementara, Bupati Solsel, Muzni Zakaria menyebutkan terkait desain gedung masih dalam tahap diskusi. “Untuk model desain gedung akan kita musyawarahkan dengan tokoh masyarakat dan setelah itu baru dilakukan te­nder,” tutupnya. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]