WNI Diculik di Perairan Fhilipina


Senin, 18 April 2016 - 03:16:26 WIB

JAKARTA, HALUAN — Warga Negara Indonesia (WNI) kem­bali menjadi korban penculikan di perairan Fhilipina. Me­nang­gapi hal tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan korps TNI siap melakukan tindakan tegas un­tuk membebaskan semua WNI yang disandera.

“Saya sebagai Panglima TNI sudah menyiapkan pa­su­kan untuk melakukan tin­da­kan tegas baik di laut, di darat sampai di hutan saya siap. Saya juga sudah mengerahkan dua Kapal Perang yaitu KRI Badau dan KRI Sla­met Riyadi ke daerah per­ba­tasan,” tegas Jen­deral TNI Ga­tot Nurmantyo dalam kete­ra­ngan tertulis yang dite­ri­ma Republika.co.id, Ahad (17/4).

Panglima TNI juga me­nyam­paikan akan mel­ak­sa­na­kan koordinasi dengan Pangl­ima Angkatan Bersenjata Fili­pina dan Malaysia untuk ber­sama-sama melakukan Patroli ter­koordinasi.  “Tetapi apabila terjadi se­suatu di wilayah negara Ma­laysia dan Filipina, maka saya akan melakukan koordinasi, siapa yang cepat maka dia yang boleh kesana. Ini adalah lang­kah-langkah yang segera dila­kukan,” kata Panglima TNI.

Perjanjian yang akan dibuat nantinya, menurut Panglima TNI adalah kesepakatan ang­katan bersenjata negara te­tangga bisa menindak cepat ancaman yang ada di de­kat­nya. 

“Apabila Indonesia dan Filipina sudah melakukan MoU untuk melakukan kerja sama Patroli Terkoordinasi, maka pasti akan aman. Tetapi sekarang kan tidak aman, ka­rena itu diluar wilayah Negara Ke­satuan Republik Indo­nesia,” ucap Panglima TNI.

Disamping itu, Panglima TNI akan segera mungkin me­laksanakan koordinasi dengan Panglima Diraja Malaysia dan Filipina, karena wilayah itu berbatasan dengan tiga negara. “Filipina  akan melakukan operasi besar-besaran di Kepu­lauan Zulu. Operasi yang dilakukan negara tetangga kita tunggu saja,” pungkas Panglima TNI. (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]