Panen Padi Kartika 1-82 Capai 7,5 Ton per Hektare


Senin, 18 April 2016 - 03:25:07 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Panen Demplot Padi Kartika 1-82 Kodim 0308/Pariaman yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ke­lom­pok Tani Lasuang Duo, Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur, Sabtu (16/4), mencapai 7,5 ton per hektare.

Padi yang ditanam pada 11 Januari 2016 tersebut dipa­nen oleh Dandim, 0308/Pa­ria­man, Letkol Arh. Endro Nurbantoro bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Paria­man, Agus Riatman, serta Ketua Kelompok Tani  La­suang Duo Desa Sungai Pa­sak, Yosef Chairul, dan sejum­lah petani setempat.

Endro menuturkan, Dem­plot dengan hasil menggem­birakan tersebut harus men­jadi contoh bagi para petani untuk terus meningkatkan produksi gabah yang mereka olah melalui tanam padi sa­wah. Ia mengingatkan petani untuk tak hanya berfokus terhadap produksi gabah yang melimpah, tetapi juga mem­pertahan hasil panen dan meningkatkannya.

“Kami akan terus me­nge­valuasi hasil-hasil yang baik ini, agar lebih baik ke depan. Kalau kini baru 1 hektare, pada musim tanam berikut­nya bisa lebih merata atau berhek­tare-hektare,” kata Dandim Endro.

Varietas padi itu, kata Endro, masuk ke dalam orien­tasi pasar. Jadi, varietas yang dikembangkan tersebut juga laku di pasar, selain untuk konsumsi petani.

Keunggulan varitas Kar­tika 1-82, panen lebih cepoat, hanya dalam 89 hari, tanaman padinya bisa dipanen oleh petani, ini berarti lebih cepat dari tanam padi varitas biasa.

Sementara itu, Agus Riat­man menjelaskan, varietas Kartika 1-82 memperkaya varietas yang sudah lebih dulu berkembang dan ditanam oleh petani. Keunggulan-ke­unggulan padi Kartika 1-82, produksi gabahnya menjadi acuan bagi petani untuk ta­nam selan­jutnya.

Ia mengakui, irigasi per­manen di kawasan pertanian kecamatan Pariaman Timur belum sepenuhnya. Pihaknya sudah mempersiapkan irigasi teknis yang lebih baik dan memadai, dengan pendataan dan survei. (h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 19:58:24 WIB

    BRI Simpang Empat Undi Panen Hadiah Simpedes

    BRI Simpang Empat Undi Panen Hadiah Simpedes PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) laksanakan pengundian Simpedes periode ke 2 tahun 2019 dengan panen hadiah yang bertempat di ruangan Bankin.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 15:44:33 WIB

    Meski Hanya 5 Batang, Alfrimen Bisa Panen Duku hingga 1 Ton

    Meski Hanya 5 Batang, Alfrimen Bisa Panen Duku hingga 1 Ton SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Tak hanya di wilayah perkebunan seperti Sijunjung dan Dharmasraya, masyarakat Sawahlunto ternyata juga mendapat berkah dari panennya buah duku. Siapa sangka duku ternyata juga banyak ditanam ol.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 20:07:26 WIB

    Pakai Pupuk Organik, Keltan Bungo Tanjung Panen 7,8 Ton GKP per Hektare

    Pakai Pupuk Organik, Keltan Bungo Tanjung Panen 7,8 Ton GKP per Hektare SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Hasil uji coba penggunaan pupuk organik Bios 44 di lahan persawahan Kelompok Tani (Keltan) Bungo Tanjung Nagari Pamuatan Kabupaten Sijunjung menuai hasil yang menggembirakan..
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 18:03:36 WIB

    20 Hektare Kebun Kopi Arabica Keltan Citra Mekar Siap Panen

    20 Hektare Kebun Kopi Arabica Keltan Citra Mekar Siap Panen PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kelompok masyarakat adat Air Dingin, Nagari Simpang Tonang, Pasaman, yang tergabung dalam Kelompok Tani (Keltan) Citra Mekar, merintis pengembangan budidaya kopi jenis Arabica..
  • Ahad, 05 Januari 2020 - 17:57:14 WIB

    Panen Belum Merata, Harga Jesigo Fluktuatif

    Panen Belum Merata, Harga Jesigo Fluktuatif LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Harga Jesigo (Jeruk Siam Gunung Omeh di Nagari Koto Tnggi, Limapuluh Kota fluktuasi disebakan panen jetuk belum merata. Produksi jeruk ukuran super di nagari penghasil jeruk tersebut sulit m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]