Pagi Ini Dicanangkan

IAIN IB Padang Menuju Zona Integritas


Senin, 18 April 2016 - 04:12:47 WIB

PADANG, HALUAN — Bila  tidak ada aral melintang, pagi ini, Senin, (18/4) Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Eka Putra Wirman akan men­ca­nang­kan satu-satunya Per­gu­ruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri sebagai wilayah Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Wakil Rektor II Dr Firdaus bersama Kabiro AUAK Das­rizal, Minggu, (17/4) kepada wartawan menyebutkan, pro­ses lounching sistem  ini adalah sebuah bentuk tawaran yang disampaikan Menteri Agama melalui Sekjen Ke­menag RI Nur Syam di Jakarta beberapa hari lalu.

Kepada Rektor dan Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia ketika itu dit­awar­kan IAIN Imam Bonjol Pa­dang sebagi lembaga perguruan tinggi pertama yang diajak untuk menerapkan sistem tersebut.

“Spontan ketika itu Rektor Eka Putra Wirman menerima dan bakal menerapkannya. Berdasarkan tawaran itu pula, karena kita adalah yang per­tama bakal mewujudkan pro­gram tersebut, maka Senin pagi ini akan dicanangkan dalam sebuah upacara bendera yang akan diikuti civitas aka­de­mika,” ucap Firdaus.

Rektor Eka Putra Wirman, Minggu (17/4), mengakui ka­lau program ini adalah sebuah tatangan dan peluang baru bagi IAIN dalam merealisasikan sistem layanan yang pro­fe­si­o­nal mewujudkan tri­dharma perguruan ti­ng­gi berupa pen­di­di­kan pengajaran, pe­ne­li­tian dan pengabdian kepada masyarakat ya­n­g profesional dan pro­porsional.

Tentunya, setiap el­e­­men seperti tenaga pendidikan dan ke­pen­didikan harus ber­per­an secara baik dan aktif. Keseimbangan antara hak dan kewajiban dalam melayani mahasiwa dan masya­rakat yang membutuhkan laya­nan harus betul-betul me­ng­gam­barkan lima nilai budaya kerja Ke­me­nag RI. Meliputi, pertama integritas yang di­ter­jemahkan adanya keselarasan antara hati, pikiran, perkataan, perbuatan yang baik dan benar.

Kedua, layanan yang pro­fesional diartikan selalu be­kerja secara disiplin, kompeten dan tepat dengan hasil yang terbaik. Ketiga inovasi diar­ti­kan denga­n  me­nyemp­urna­ka­n yang telah ada dan meng­kreasi hal baru yang lebih baik. Keempat bertanggung jawab yang diterjemahkan dengan bekerja secara tuntas  dan konsekuen.  Dan yang kelima adalah keteladanan yang di­artikan bahwa siapa pun harus menjadi contoh yang baik bagi orang lain.

“Sebagai perguruan tinggi Islam negeri yang sudah genap berusia 50 tahun, ada baiknya kita bercermin dari beberapa hal yang masih ter­tingg­al di­banding beberapa per­guruan tinggi lainnya di Indonesia. Tidak salah ra­sa­nya, kalau kita belajar dari ST­A­IN yang su­dah sama statusnya saat ini dengan IAIN Imam Bo­njol Pa­da­ng. Itu hal ya­ng biasa. Kita tidak pan­tas meratapi ke­tertinggalan itu. Dan tidak pan­tas pula saban hari se­la­lu men­yebut kelebihan orang lain dari kita. Yang perlu kita benahi adalah aturan atau sistem yang telah dibuat. Dan, mari kita bekerja dan be­ker­ja. Sinsingkan lengan baju untuk bekerja dan bekerja tiga kali lebih cepat,” tegas Eka.

Eka juga mengharapkan momentum diwujudkannya ZI, WBK, WBBM diantara 39 per­guruan tinggi di Indonesia dan IAIN Imam Bonjol Pa­dang tidak hanya bersifat se­re­monial belaka. Yang utama adalah mewujudkan nilai-nilai itu dan me­nerapkannya dalam kegiatan kita sehari-hari. K­arena perjalanan sistem ini akan dievaluasi secara internal dan eksternal.

“Kalau baik atau jelek m­a­ka kita yang paling bertanggung jawab. Yang pasti, kitalah orang-orang yang bakal me­wu­jud­kan itu. Menolak gratifikasi, suap menyuap at­au ko­rup­si  adalah harga mati. Lebih kita me­nge­depankan layanan tanpa ber­harap apa-apa dari yang dila­yani,” tutup Rektor. (h/rel/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:04:22 WIB

    Pemko Padang Bantu Transportasi Kampus IAIN-IB

    PADANG, HALUAN - Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN-IB) Padang bakal “eksodus” ke Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah. Sebab pihak kampus telah selesai mem bangun gedung baru di kawasan itu..
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:05:10 WIB

    Menag Terima Penghargaan dari IAIN IB Padang

    Menag Terima Penghargaan  dari IAIN IB Padang PADANG, HALUAN — Men­teri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin meminta kepada Ins­titut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) di usianya yang ke-50 ini, fokus pada pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, se­perti pendidika.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:49:28 WIB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB PADANG,HALUAN — Tim Islamic Deve­lopment Bank (IDB) berkunjung ke kampus II Lubuk Lintah dan Kampus III Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang, di Sungai Bangek, Koto Tangah Kota Padang, Rabu, (23/11). Ti.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:38:17 WIB
    KUNJUNGAN KE KAMPUS IMAM BONJOL

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN PADANG, HALUAN—Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Deding Ishak bersama 20 orang anggota berkunjung dan berdialog dengan segenap civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang dan jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Senin (31/10)..
  • Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:08:21 WIB

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden PADANG, HALUAN — Alih status Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang menuju Universitas Islam Negeri (UIN) tinggal beberapa langkah lagi. Saat ini pengajuan izin prinsip sudah diajukan ke presiden tinggal m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]