Tegakkan Aturan

Satpol PP Jangan Pernah Takut


Senin, 18 April 2016 - 04:13:13 WIB

PADANG, HALUAN — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang bekerja menegakkan Peraturan Daerah (Perda). Dalam menegakkan Perda, Satpol PP diharapkan tidak pernah keder (takut-red).

“Saya tegaskan kepada Satpol PP dan Linmas Kota Padang agar terus me­ning­katkan koordinasi, merapatkan barisan dan pengawasan,” ujar Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo, baru-baru ini.

Walikota menilai, Satpol PP dalam setiap menegakkan Perda, selalu dilemahkan semangatnya oleh oknum dan pihak tertentu. Pihak tersebut sengaja menjatuhkan mental Satpol PP saat bertugas.

“Karena itu saya minta agar Satpol PP selalu menyempurnakan dokumentasi saat bertugas,” tegas Walikota.

Disebutkan Walikota, dalam setiap operasi yang dilakukan Satpol PP dan Linmas dipastikan akan mengganggu kepentingan pihak lain. Karena itu Satpol PP dan Linmas selalu memperhatikan persatuan, kesatuan dan terus mendokumentasikan setiap kegi­atan.

“Sehingga tak ada celah untuk men­jatuhkan dari pihak yang mencoba me­ngurangi semangat,” papar Mahyeldi.

Walikota menekankan bahwa dalam setiap menegakkan Perda, Pemerintah Kota Padang akan terus ada bersama Satpol PP. Sebab Perda yang dirancang merupakan produk hukum yang dihasilkan bersama-sama.

“Kita tak akan ciut nyali sedikitpun walau ada yang mencoba melemahkan. Pemko Padang akan ada bersama Satpol PP,” tegas Walikota.

Mahyeldi mengimbau kepada Satpol PP tidak terpengaruh dengan upaya pelemahan semangat yang dilakukan pihak tertentu. Mahyeldi berpesan agar Satpol PP mengikuti aruran sebaik-baiknya dalam setiap bertugas.

“Satpol PP agar siapkan Standar Opra­sional Prosedur (SOP) di setiap operasi sehingga apa yang dilakukan berada dalam kerangka aturan,” kata Mahyeldi.

Tidak hanya itu, Walikota juga meng­ingatkan Satpol PP dan Linmas agar bersikap humanis dan berwibawa dalam tugas. Ter­masuk menjaga disiplin dalam kesatuan. Dengan menjaga hal tersebut, Satpol PP akan disegani masyarakat.

Walikota mengimbau Kepala Satpol PP agar betul-betul memperhatikan disiplin personilnya. Mereka yang melanggar disiplin tentunya akan berimbas negatif kepada Satpol PP. “Jika ada yang melanggar disiplin, sikapi dengan tegas sehingga nama Satpol PP tetap terjaga,” tukas Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Padang Firdaus Ilyas mengatakan, dalam penegakkan Perda di Kota Padang pihaknya juga meminta dukungan pada semua pihak.

“Dalam penegakan Perda, kita sangat membutuhkan kerjasama dan dukungan. Karena tanpa pendekatan dan koordinasi, pekerjaan tentu akan terasa berat dan berjalan kurang maksimal,” ujar Fidaus.(h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]