Penerimaan Siswa Baru Gunakan Pola Lama


Senin, 18 April 2016 - 04:13:32 WIB

PADANG, HALUAN — Penerimaan siswa baru tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA) di tahun 2016 ini tetap mengacu pada pola penerimaan tahun sebelumnya. Model penerimaan siswa baru masih menjadi tanggung jawab kabupaten dan kota.

“SMA diambil alih ke­wenangan ke provinsi mulai Januari 2017. Sementara untuk penerimaan siswa baru Juli 2016 mendatang, masih menjadi kewenangan kabu­paten dan kota,” ucap Kepala Bidang Pendidikan Me­ne­ngah Dinas Pen­di­dikan dan Kebudayaan Sum­bar, Nas­meri, Minggu (17/4).

Nasmeri juga me­ne­rang­kan, bagi sekolah yang me­nerima  siswa baru dari berbagai daerah di Sumbar dan luar Sumbar tetap bisa melakukan perekrutan se­perti biasa. Sementara un­tuk model penerimaan apa­kah akan secara online mau­pun offline masih me­nunggu aturan dari pusat.

Sebelumnya, untuk sis­tem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Kota Padang Pan­jang, pihak sekolah belum menerima pemberitahuan terhadap model penerimaan ini.

“Kami belum ada me­nerima instruksi dari Ke­mendikbud tentang sis­tem penerimaan murid baru di Padang Panjang,” kata Ke­pala Dinas Pendidikan Pa­dang Panjang, Desmon.

Menurutnya, sistem pe­nerimaan murid baru baik secara online maupun offline sama-sama ada ke­un­tu­ngan­nya, namun dalam me­ne­tap­kan sesuatu harus ada ins­truksi dari yang lebih tinggi.

Ia memperkirakan da­lam waktu dekat ini, Ke­men­dikbud akan memberi tahu sistem penerimaan murid baru tersebut di Pa­dang Panjang.

“Kami tunggu saja, da­lam waktu dekat ini ada ke­pu­tusannya tentang sistem penerimaan murid baru baik itu secara online ma­u­pun offline. Keduanya ada keuntungannya,” ujarnya.

Meski sistem pe­ne­ri­maan murid baru di Padang Panjang belum jelas, namun Sekolah Menengah K­e­ju­ruan Negeri (SMKN) 2 se­tempat tetap melakukan PPDB mandiri dengan sis­tem online.

“Kami melakukan pe­ne­rimaan murid baru dengan sistem online,” sebut kepala SMKN 2 Padang Panjang Candra.

SMKN 2 Padang Pa­n­jang tahun ini berencana me­neriman murid baru se­ba­nyak 293 orang untuk pe­serta didik dari berbagai daerah di Sumbar. “Kami tidak mem­batasi peserta didik berasal dari luar Padang Panjang. Untuk per­sen­tasenya akan kami se­diakan,” tambahnya. (h/eni/ans)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 09:27:36 WIB

    Perumda Air Minum Padang Pastikan Tak Ada 'Titipan' dalam Penerimaan Pegawai Baru

    Perumda Air Minum Padang Pastikan Tak Ada 'Titipan' dalam Penerimaan Pegawai Baru HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang menegaskan, pihaknya tidak menerima titipan dari siapa pun dalam penerimaan pegawai yang baru saja dilaksanakan. Pasalnya, penerimaan tersebut langsung.
  • Kamis, 15 Desember 2016 - 01:01:55 WIB
    BELANJA PEGAWAI PEMKO LEBIH 50 PERSEN

    Penerimaan PNS 2017 Terancam Batal

    PADANG, HALUAN — Menteri Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi RI tidak akan memberikan formasi PNS pada daerah yang mengalokasikan belanja pegawainya lebih dari 50 persen dari keseluruhan APBD..
  • Rabu, 07 September 2016 - 10:25:40 WIB

    STTIND Padang Perpanjang Penerimaan Mahasiswa Baru

    PADANG, HALUAN—Seiring meningkatnya animo lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) melanjutkan pendidikan di bidang teknik, Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang memperpanjang masa pendaftaran mahasiswa baru tahun ak.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 12:42:11 WIB

    Unand Resmikan Penerimaan 5.069 Mahasiswa Baru

    Unand Resmikan Penerimaan 5.069 Mahasiswa Baru PADANG, HALUAN — Sebanyak 5.069 mahasiswa baru Universitas Andalas (Una­nd) ikuti acara peresmian penerimaan mahasiswa baru tahun 2016, Selasa (9/8). Peresmian tersebut dilakukan bersamaan dengan pembukaan Bimbingan Aktivi.
  • Jumat, 17 Juni 2016 - 17:16:09 WIB
    MAN 2 Terendam Banjir

    Penerimaan Siswa Baru Tetap Berlangsung

    Penerimaan Siswa Baru Tetap Berlangsung PADANG, HALUAN – Meski sekolah terendam banjir, penerimaan siswa baru periode 2016/2017 di MAN 2 Padang tetap ramai dikunjungi para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]