Surya University Gali Bakat siswa Melalui ISMOC 2016


Senin, 18 April 2016 - 04:15:18 WIB
Surya University Gali Bakat siswa Melalui ISMOC 2016 SALAH seorang peserta seleksi daerah ISMOC 2016 Kota Padang, tampak tekun mengerjakan tiap butir soal yang diperlombakan di STKIP Adzkia Padang, Sabtu (16/4). (ISHAQ)

PADANG, HALUAN —Se­bany­ak 94 perserta dari ber­bagai tingkatan sekolah tam­pak antusias mengikuti babak seleksi daerah Indonesian Science and Mathematics Olympiad Challenge (IS­M­OC) 2016, bertempat di ST­KIP Azkia Padang, 16-17 April. Jawara pada lima ka­te­gori bidang keilmuan yang diperlombakan berhak me­laju ke babak grand final ISMOC 2016 di Surya Uni­versity, Jakarta 11-12 Agustus nanti.

Mitra lokal penyelenggara ISMOC 2016 di Kota Padang, Diah Tri Kemala, kepada Haluan mengatakan, Kota Padang masuk ke dalam salah satu dari 20 kota besar pen­ye­lenggara seleksi daerah IS­MOC 2016 yang digelar se­cara serentak. Ia berharap, jawara dari Padang nanti yang diutus ke babak grand final mampu unjuk gigi di pentas nasional.

“Surya University meng­gelar ISMOC 2016 dengan tujuan menggali bakat-bakat keilmuan yang terpendam dalam diri siswa-siswi Indo­nesia. Jadi, tidak terbatas untuk juara kelas atau utusan sekolah saja, tapi dibebaskan bagi siapa saja yang merasa tertantang mengikutinya,” jelas Diah.

Untuk Kota Padang, total 94 peserta yang ikut terdiri dari peserta tingkat sekolah dasar (SD) sebanyak sepuluh orang, tingkat menengah per­tama (SMP) sebanyak 37 orang dan tingkat menegah atas (SMA) sebanyak 47 ora­ng. Sedangkan lima kategori keilmuan yang dilombakan terdiri dari matematika ting­kat SD, matematika tingkat SMP, Fisika tingkat SMP, Matematika tingkat SMA dan Fisika tingkat SMA.

“Hari pertama, Sabtu 17 April, diselenggarakan olim­piade tingkat SD dan SMP, dan hari ke dua 18 April untuk tingkat SMA. Pe­me­nang­nya nanti akan diu­mu­m­kan via website www. ismoc. co.id 2 Mei nanti, dan berhak melaju ke babak grand final di Jakarta. Juara tingkat nasio­nal nantinya akan dididik pendiri sekaligus Rektor Su­rya University, Yohanes Sur­ya, untuk olimpiade tingkat dunia,” katanya lagi.

Dalam rilisnya, Prof Yo­ha­nes Surya menegaskan bah­wa orang Indonesia sebenar­nya cerdas jika diberi kese­m­patan belajar dan dilatih deng­an baik. Bahkan antusiasme anak didik Indonesia tentang pentingnya olimpiade sangat tinggi. Per­tumbuhan rata-rata peserta olimpiade kini men­capai 50 persen per tahun dalam kurun 5 tahun (2007-2012).

“Bakat-bakat terpendam ini harus selalu dipupuk. Salah satu pengembangan tersebut melalui lomba. Saya melihat betapa hebatnya anak daerah kalau dipoles dengan baik, Indonesia punya jutaan anak berbakat dari berbagai pelosok. Indonesia akan jadi negara luar biasa dengan ribuan anak hebat kalau saja mereka mendapat guru-guru yang hebat dan diajar dengan metode yang tepat pula,” yakinnya. (h/isq)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 September 2018 - 21:59:21 WIB

    Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu

    Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat mengapresiasi langkah kelompok pengabdian masyarakat Jurusan Tenik Elektro, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) membantu pemasangan solar sell di.
  • Jumat, 08 April 2016 - 04:08:52 WIB
    Hari Ini di Hotel Ina Muara

    Surya Paloh Lantik Pengurus Nasdem Sumbar

    PADANG, HALUAN — Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sumbar, menurut rencana akan dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh di Hotel Ina Muara Padang, Jumat (8/4) siang .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]