Puluhan Rumah Rusak

Galodo Hantam Sumpur Kudus


Senin, 18 April 2016 - 04:24:48 WIB
Galodo Hantam Sumpur Kudus BPBD Sijunjung bersama TNI dan Polri meninjau lokasi galodo yang membawa material lumpur dan batuan serta menghantam puluhan rumah warga di dua kenagarian di Kecamatan Sumpur Kudus, Minggu (17/4). (OGI)

Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung dihantam galodo. Puluhan rumah rusak.

SIJUNJUNG,HALUAN — Akibat hujan deras yang melanda kawasan wilayah Kabupaten Sijunjung pada Sabtu (16/4) malam, dua nagari di Kecamatan Sumpur Kudus dihantam galodo atau banjir bandang. Akibat air bah yang meluncur dari pinggang Bukit Talang itu, puluhan rumah serta fasilitas umum mengalami kerusakan dan empat di antaranya rusak berat.

Keterangan yang diperoleh di lokasi kejadian, air bah yang mengejutkan warga Nagari Sumpur Kudus Selatan dan Nagari Sumpur Kudus tersebut diawali hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Sijunjung sejak Sabtu malam.

Warga yang terkena dampak banjir bandang tersebut kemarin  nampak sedang membersih-bersihkan rumahnya dari lumpur dan bebatuan yang menggenangi serta memasuki rumah warga, sementara warga yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah saudaranya.

Wali Nagari Sumpur Kudus Selatan Efrizal yang ditemui di lokasi kejadian, Minggu (17/4) memperkirakan, galodo yang menghantam rumah warga kam­pung Buya Syafii Maarif itu, dikarenakan tidak kuatnya drai­nase atau saluran air menahan debit air akibat hujan deras sehingga antara aliran air dan jalan tidak bisa lagi dipisahkan. Selain itu juga mungkin diakibat­kan banyaknya sampah yang menghambat arus jalan air se­hingga aliran air menjadi tersum­bat dan meluap.

 ”Banjir bandang atau galodo datangnya setelah beberapa anak sungai naik akibat curah hujan yang tinggi. Air yang turun dari arah Bukit Talang, masuk melalui jalan dan menghantam rumah warga dan membawa materal lumpur, kayu, batu dan sampah” katanya.

 Efrizal juga menambahkan bahwa empat rumah warga yang rusak berat tersebut dikarenakan material bebatuan yang terbawa bersama air yang bercampur lumpur tersebut menghantam dinding rumah warga.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Sijunjung Hardiwan SP mengatakan sudah menu­runkan tim dari BPBD Sijunjung untuk memantau lokasi banjir bandang di Nagari Sumpur Kudus dan Nagari Sumpur Kudus Sela­tan Kecamatan Sumpur Kudus pada malam kejadian.

 ”Data yang kita peroleh di lokasi kejadian, memang ada sekitar empat rumah penduduk mengalami kerusakan dan pulu­han rumah penduduk lainnya terendam material lumpur dan bebatuan sampah terkena banjir bandang. Selain rumah warga, beberapa ruas jalan juga ada yang putus akibat galodo tersebut serta beberapa titik ruas jalan di dua kenagarian tersebut mengalami kerusakan serta ada yang tertim­pa longsoran tanah,” ujarnya.

Hardiwan menambahkan, pihaknya juga telah menurunkan satu unit alat berat untuk mem­bersihkan longsoran bercampur tanah serta material bebatuan yang menutupi beberapa ruas jalan di dua kenagarian tersebut. Selain itu, pihaknya juga telah menerjunkan personel BPBD yang dibantu oleh TNI dan Polri untuk bekerja sama dalam mem­buat akses jalan se­mentara yang terputus akibat dihan­tam galodo yang tidak bisa dilalui kendaraan serta memberikan bantuan logis­tik kepada warga yang mengala­mi musibah berupa maka­nan siap saji. (h/ogi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 April 2020 - 16:13:55 WIB

    KNPI Tanah Datar Serahkan Bantuan untuk Korban Galodo di Malalo

    KNPI Tanah Datar Serahkan Bantuan untuk Korban Galodo di Malalo TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tanah Datar menyerahkan bantuan paket sembako kepada korban galodo di Malalo Minggu, (19/4). Bantuan diperoleh dari Pengurus DPD KNPI Tanah Datar, MPI KN.
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 20:01:24 WIB

    Genius Umar Serahkan Bantuan ASN Pemko Pariaman untuk Korban Galodo di Tanah Datar

    Genius Umar Serahkan Bantuan ASN Pemko Pariaman untuk Korban Galodo di Tanah Datar TANAHDATAR, HARIANHALUAN.COM -  Walikota Pariaman Dr. Genius Umar kembali menyerahkan bantuan untuk korban bencana ke daerah lain di Sumbar. Setelah sebelumnya mengantarkan bantuan dari ASN Kota Pariaman ke korban banjir ban.
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 13:05:27 WIB
    Bupati Tinjau Korban Bencana

    Nagari Atar Luluhlantak Diterjang Galodo

    BATUSANGKAR,HALUAN — Sarana dan prasarana warga seperti bangunan rumah dan ruas jalan raya dibuat luluhlantak diterjang bencana galodo, bahkan irigasi juga jebol di Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting, Tanah Datar, Jumat.
  • Senin, 01 Februari 2016 - 02:02:42 WIB

    Kecamatan IV Koto Didera Galodo

    Kecamatan IV Koto Didera Galodo AGAM, HALUAN — Sejumlah lokasi dan ruas jalan di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, didera galodo Sabtu malam. Bencana ini terjadi menyusul tingginya intensitas curah hujan sejak siangnya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]