APBN Salareh Aia Prioritaskan Infrastruktur


Senin, 18 April 2016 - 13:07:53 WIB

Agam, Haluan — Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari Salareh Aia, kecamatan Palembayan tahun 2016 sebesar Rp3 miliar diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan kampung, jembatan dan irigasi skala desa.

Prioritas tersebut ditetapkan dalam rapat pembahasan anggaran nagari antara pemerintah nagari, Bamus dan tokoh masyarakat awal April 2016 lalu.

Menurut wali nagari setempat Iron Maria Edi, prioritas untuk infrastruktur tersebut sesuai dengan aspirasi masyarakat dan kondisi georafis nagari.

“Di nagari Salareh Aia hingga saat ini masih banyak kampung yang hanya memi­liki jalan setapak sehingga masyarakat mengalami kesulitan mengangkut hasil taninya ke pasar dan mengangkut barang kebutuhan dari pasar, selain itu banyak sungai-sungai kecil yang perlu jembatan untuk melintasinya dan perlu pembenahan sebagai irigasi lahan pertanian”kata Iron kemarin.

Juga ditambahkannya, warga masya­rakat miskin yang 300 KK lebih di nagari ini umumnya bermukim di perkampungan terisolir tersebut.

“Mudah-mudahan dengan dibangunya infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat kehidupan mereka akan lebih sejahtera” kata wali nagari.

Namum secara umum perekonomian penduduk nagari Salareh Aia yang 12 ribu jiwa lebih semakin membaik.

Mayoritas masyarakat Salaren Aia bermata pencaharian bertani sawah dan berkebun sawit, kini sedang dikembangkan pula usaha peternakan sapi potong, bahkan di pemukiman sekitar jalan lintas Simpang Ampek Manggopoh juga berkembang usaha perdagangan dan jasa lainnya.

Nagari Salereh Aia memiliki dua pasar yang cukup baik dengan kios dan los permanen yakni pasar Koto Alam yang diramaikan setiap hari Minggu dan pasar Kayu Pasak yang diramaikan setiap hari Rabu. (h/ks)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]