Agam Miliki 500 Hektare Lahan Jeruk Unggul


Senin, 18 April 2016 - 14:26:19 WIB
Agam Miliki 500 Hektare Lahan Jeruk Unggul BUPATI Agam Indra Catri gencar mem¬pro¬mosikan produk petani, termasuk mem¬pro¬mosikan jeruk petani Matur ini.

AGAM, HALUAN — Kabupaten Agam telah memiliki  lahan tanaman varites jeruk siam gunung omeh seluas 500 hektare. “Ke 500 hektare lahan itu milik 150 kelompok tani di Ke­camatan Matur, Kamang Magek, Tilatang Kamang, Candung, Baso, IV Angkek dan Palupuh,” kata Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (Dispertahornak) Kabu­paten Agam, Zul­marni, Minggu.

Ia menjelaskan, ini telah dikem­bangkan selama tahun 2009 sampai 206 dan hasilnya telah mulai dinik­mati oleh petani. Selain itu, yang ditanam ini harus memiliki bibit unggul dengan tinggi bibit sekitar 50 cm. “Tanaman jeruk ini bisa bertahan selama 15 sampai 20 tahun, ika dilakukan perawatan seperti, pemo­tongan daun, pembersihan lokasi tanaman dan pemupukan secara baik,” katanya.

Setelah dilihat selama ini, hasil­nya lebih besar dari kelapa sawit, disamping bisa dikonsumsi oleh mereka juga bisa di jual kepasaran. Jeruk ini termasuk memiliki harga jual yang tinggi.”Rata-rata perki­logram bisa mencapai Rp20 ribu dipasaran dan jeruk ini dipasarkan sampai ke Pakan Baru Provinsi Riau,” katanya.

Setiap panen satu batang pohon jeruk bisa menghasilkan 70 kg dan hampir setiap petani memiliki lahan seluas setengah hektare dan diisi tanaman jeruk sebanyak 250 batang.

“Untuk satu tahun petani jeruk ini dapat melakukan panen seba­nyak dua kali. Ini bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan petani,” tambah­nya. 

Ia mengimbau kepada petani atau kelompok tani jeruk untuk me­ngitegrasikan tanaman hortikultura dengan peternakan, karena pe­ter­nakan dapat menghasilkan pupuk organik untuk pemupukan tanaman.

Pada 2016, Kabupaten Agam juga mengembangkan tanaman ini dengan luas sekitar 75 hektare di tujuh keca­matan. (h/dn/amc)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]