Perempuan Berperan dalam Pembangunan


Senin, 18 April 2016 - 16:27:20 WIB

PADANG, HALUAN — Dinamainasi kehi­dupan dan kiprah perempuan di Sumatera Barat (Sumbar) yang menganut garis matrilineal, akhir-akhir ini banyak menjadi perhatian baik ditingkat lokal, nasional maupun global. Fokus sentral pem­ba­ngunan Sumber Daya Manusia (SDM) pada gilirannya akan mengung­kapkan berbagai permasalahan yang dihadapi perempuan sebagai bagian integral dari permasalahan pembangunan.

Demikian disampaikan Rozi­dateno P Hanida S.IP,M.PA yang menjadi Nara Sumber dalam kegiatan Seminar Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) dalam tema ‘Semiloka tentang upaya memperkuat kapasitas dan ke­pemim­pinan akar rumput dalam pem­bangunan di Kota Padang’, Sabtu (16/4) di Aula BPMPKB. Menurutnya, perempuan sekarang harus meng­ambil peranan penting dalam hal apa saja.

“Secara nyata, pada tahun 1957 melalui sidang umum PBB untuk pertama kalinya mengeluarkan reso­lusi tahun 1963 tentang partisipasi perempuan dalam pem­bangu­nan. Kemudian dilanjutkan dengan reso­lusi yang secara khusus mengakui pentingnya perempuan dalam pem­bangunan sosial ekonomi,” papar Dosen Ilmu Adminiatrasi Negara Universitas Andalas (Unand) terse­but.

Dalam kegiatam seminar tersebut dihadiri oleh perwakilan perempuan-perempuan Kota Padang dari ber­bagai elemen di tingkat kelurahan mulai dari perwakilan pengurus kelompok perempuan usaha kecil se-Kota Padang, pengurus jaringan kelompok perempuan usaha kecil, ketua PKK kelurahan, dan ketua Bundo Kanduang.

Hadir juga nara sumber lainnya dari Kepala Badan pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Kelu­arga Berencana (BPMPKB) Kota Padang Muji Susilawati, S.H, M.H.

Dilanjutkan Rozi, mendorong parti­sipasi perempuan dalam pem­bangunan, LP2M melakukan penguatan kapasitas perempuan melalui pengorganisasian kepada kelompok perempuan akar rumput di beberapa kabupaten kota. Tuju­annya, untuk mendukung terpenu­hinya akses, partisipasi dan kontrol perempuan ter­hadap hak-hak dasar seperi pendidikan, kesehatan, eko­nomi, politik dan supremasi hukum secara isu-isu terkini relasi perem­puan dalam kehidupan.

“atas dasar situasi tersebutlah kita perlu kembali mengkaji dan men­carikan solusinya bagaimana perempuan bisa memegang peranan yang penting di tengah masyarakat,” pungkasnya. (h/win)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Desember 2019 - 21:09:28 WIB

    PT Semen Padang Apresiasi Perjuangan Perempuan pada Peringatan Hari Ibu

    PT Semen Padang Apresiasi Perjuangan Perempuan pada Peringatan Hari Ibu PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Operasi PT Semen Padang, Firdaus, menilai momentum peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 mesti menjadi refleksi dan perenungan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pem.
  • Rabu, 26 September 2018 - 16:53:42 WIB

    Hingga Juni, Ada 28 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Padang

    Hingga Juni, Ada 28 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sampai dengan semester satu, tercatat 28 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Padang. Terus terjadinya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak disebabkan keengganan dari korban u.
  • Senin, 06 November 2017 - 17:26:17 WIB

    Politikus Muda Perempuan Sumbar Ini Dukung Faldo Maldini pada Pilkada Padang

    Politikus Muda Perempuan Sumbar Ini Dukung Faldo Maldini pada Pilkada Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Wakil Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatra Barat (Sumbar), Febri Wahyuni Sabran, menyatakan dukungan kepada Faldo Maldini untuk maju pada Pilkada Padang 2018. Ia menyatakan dukungan ters.
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 01:17:04 WIB
    BERPOTENSI TERKENA HPV

    144 Ribu Perempuan Sumbar Harus Diperiksa

    PADANG, HALUAN—Sebanyak 144.453 perempuan usia 30 hingga 50 tahun di Sumbar harus diperiksa (IVA Test), untuk melihat apakah berpotensi terkena Human Papiloma Virus (HPV) yang berpotensi terkena kanker serviks..
  • Selasa, 23 Agustus 2016 - 11:07:31 WIB

    Embarkasi Padang Didominasi Jamaah Perempuan

    PADANG, HALUAN— Hingga Senin (22/8), sudah 4.063 Jamaah Calon Haji (JCH) dari Embarkasi Padang berada di Arab Saudi melalui sembilan kelompok terbang (Kloter). Dari jumlah sebanyak itu, jamaah perempuan mendominasi dengan j.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]