Tualang Tertinggi Pemakai Lem


Selasa, 19 April 2016 - 02:39:35 WIB
Tualang Tertinggi Pemakai Lem

SIAK, HALUAN—Bupati Syamsuar menga­takan, Kecamatan Tualang merupakan daerah yang paling tinggi anak-anak meng­gunakan Lem. Sejumlah remaja dan anak-anak bawah umur di daerah tersebut, semakin hari semakin banyak yang me­ng­hisap lem.

Kegiatan para remaja dan anak-anak tersebut diduga sudah menjadikan tradisi sehari-hari atau sudah kecanduan dan sulit dicegah.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

“Cara pencegahan yang harus kita lakukan, yaitu dengan cara setiap kedai di Kecamatan Tualang dilarang menjual lem,” sebutnya. Syamsuar juga mengatakan, Pemkab Siak, juga sudah menyurati seluruh pemilik kedai untuk tidak menjual lem.

”Hal inilah kita lakukan, untuk meng­antisipasi semakin maraknya anak-anak dan remaja yang memakai lem,” ungkapnya.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Karena itu, butuh langkah konkrit orang tua dan pemerintah untuk menyelamatkan generasi muda dari kencanduan menghisap lem yang akhirnya bisa beralih kepada narkoba.

Kasus kecanduan menghisap lem ter­sebut sulit diproses secara hukum, karena pasal bisa dikenakan belum tersedia. Artinya, belum ada undang-undang yang mengatur persoalan tersebut.

“Karena itu, dibutuhkan peran serta orang tua untuk lebih mendidik anaknya dan bila perlu mengambil sikap tegas agar anaknya yang mulai menghisap lem bisa menghentikan kebiasaannya tersebut. Karena kegiatan tersebut jelas akan meru­sak otak saraf anak dan ke depannya selain membuat ketergantungan juga bisa mem­buat seseorang gila,” sebutnya. (gin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]