Penyaluran Dana Desa Dua Kali Setahun


Selasa, 19 April 2016 - 02:39:53 WIB

PANGKALAN KERINCI, HALUAN—Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 247/PMK.07/2015, 28 Desember 2015, Pemerintah Pusat memu­tuskan untuk memangkas taha­pan penyaluran dana desa tahun 2016 menjadi dua tahap, dari tahun sebelumnya tiga tahap.

Perubahan inai diharapkan membuat penyerapan dana desa yang dialokasikan sebesar Rp66 miliar lebih bagus lagi dari tahun sebelumnya di 104 desa yang ada di Kabupaten Pelalawan.

“Perubahan pola penyalu­ran dana desa dari tiga tahap menjadi dua tahap diha­rapkan tidak akan mem­perbu­ruk pe­nyerapan dan peng­gunaan dana desa,” ujar Kabag Keu­angan Setdakab Pelalawan, Hanafie, kepada wartawan, kemarin.      

Hanafie juga mengatakan, saat ini anggaran dana desa belum lagi ditransfer ke kas desa, jadi pihaknya belum bisa memastikan kapan disalurkan anggaran tersebut ke 104 desa yang ada di Kabupaten Pela­lawan.

Penyaluran tahap pertama sebesar 60 persen atau sekitar Rp40 miliar dan tahap kedua sebesar 40 persen atau sekitar Rp26 miliar. Tahun ini, Desa yang paling besar mendapatkan anggaran paling besar dana tersebut yakni Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Me­ran­tim sebesar kurang lebih Rp1,2 miliar.     

“Desa paling kecil men­dapatkan anggaranm yakni Desa Kesuma, Kecamatan Pangkalan Kurasm yang nilai­nya kurang lebih sekitar Rp560 juta. Dengan perubahan pola pencairan itu, proses penye­rapan anggaran lebih cepat, sehingga pelaksanaan pem­bangunan desa juga akan lebih maksimalm terlebih lagi ang­garan dana desa yang dialo­kasikan pemerintah pusat ta­hun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya.

Hanafie menambahkan, tahun anggaran 2015, dana desa yang dialokasikan peme­rintah ke Kabupaten Pelala­wan, sebesar kurang lebih Rp29 miliar, namun pada tahun anggaran 2016 ini menjadi Rp66 miliar.

Peningkatan anggaran dana desa ini dimaksudkan agar pembangunan di tingkat desa semakin cepat pemerataannya. Selama ini, untuk penggunaan anggaran dana desa pada tahun 2015 lalu, di Kabupaten Pela­lawan tidak ada masalah, se­mua desa sudah mengikuti mekanisme yang sudah diten­tukan.     

“Dana desa ini tujuannya untuk memperkuat pembangu­nan di desa, mulai dari infras­truktur, jembatan sederhana, Posyandu dan pembangunan sarana peningkatan ekonomi seperti BUMDes. Jangan sam­pai pengelolaannya tidak tepat, belanjanya harus sesuai, se­hing­ga perlu pengawasan dari semua pihak,” tutupnya.(pen)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Juni 2015 - 19:17:11 WIB

    Penyaluran Dana Hibah Sarat Penyimpangan

    PEKANBARU, Haluan — Penyaluran dana hibah di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemko) Pekanbaru tahun anggaran 2013 diduga sarat penyimpangan. Untuk mengungkap hal tersebut, saat ini Kejaksaan Negeri (Kejari.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]