Dewan Sindir Pemko

Target PAD Kerap Meleset


Selasa, 19 April 2016 - 02:40:16 WIB

PEKANBARU, HALUAN—Belum tercapainya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak di Dispenda Pekanbaru pada triwulan pertama tahun 2016 ini, mendapat sindiran dari kalangan DPRD Pekanbaru.

Menurut sejumlah kalangan di Dewan, sejauh ini Pemko dinilai hanya berwacana dalam meningkatkan PAD. Hal ini dibuk­tikan ketika belum tercapainya PAD tersebut.

“Kita nilai Dispenda yag belum mak­simal menggali potensi pajak, serta belum mengerahkan SDM sesuai tupoksi yang sebenarnya.

Potensi pajak di Kota Bertuah ini, tidak hanya dari sektor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Penerang Jalan (PPJ) saja.

Tapi masih ada pajak restoran, hotel, reklame, tempat hiburan dan sebagainya. Setidaknya ada 13 sektor pajak di Kota Pekanbaru ini. Jadi jangan ini dijadikan wacana saja,” kata Tengku Azwendi pada wartawan, Senin (18/4).

Menurutnya, kondisi ini perlu dike­tahui jika angka yang ditargetkan awal oleh Dispenda, harusnya melebihi. Namun justru turun.

“Oleh karena itu kita ingatkan jika triwulan pertama ini, harus menjadi gambaran pada capaian hingga akhir tahun nanti,” kata Azwendi Fajri.

Seperti diketahui, hingga triwulan pertama ini, Dispenda Kota Pekanbaru mengaku baru mendapatkan PAD dari sektor pajak hanya sekitar Rp80 miliar. Padahal sebelumnya pihaknya me­nar­getkan pada triwulan pertama ini sebesar Rp100 miliar.

PAD dari sektor BPHTB dan PPJ merupakan yang paling banyak mem­berikan pemasukan. Angka itu baru 13 persen dari target Rp 680 miliar perta­hunnya. Lebih lanjut dipaparkannya, capaian PAD ini tentunya harapan peme­rintah, dalam rangka meningkatkan pem­bangunan daerah.

Namun tidak hanya bertumpu dengan wacana dan program saja. Tapi lebih kepada mencari terobosan untuk pening­katan PAD.

“Kita dari Komisi II menginginkan, agar Dispenda melakukan evaluasi secara menyeluruh, dengan menghasilkan 13 sektor pajak yang ada di kota ini, untuk peningkatan PAD,” imbuhnya.(ben)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 20:23:14 WIB

    Kunjungan Wisman Januari-April Tak Capai Target

    Kunjungan Wisman Januari-April Tak Capai Target JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Capaian kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada catur wulan pertama (Januari-April 2019) berada di bawah target. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, jumlah kunjungan wisma.
  • Senin, 10 Juni 2019 - 00:15:31 WIB

    Januari-April 2019, Kunjungan Wisman Tidak Capai Target

    Januari-April 2019, Kunjungan Wisman Tidak Capai Target  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Januari-April 2019 5,12 juta orang atau 1,3 juta orang per bulan.Jumalah ini tidak memenuhi  target  1,5 juta per bulan.
  • Kamis, 23 Mei 2019 - 21:33:23 WIB

    Pesisir Selatan Targetkan PAD Pariwisata Rp600 Juta Selama Lebaran

    Pesisir Selatan Targetkan PAD Pariwisata Rp600 Juta Selama Lebaran PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama libur lebaran di daerah itu Rp600 juta..
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:10:49 WIB

    Batam Target 100 Wajib Pajak Daring 2017

    Batam, Haluan — Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menargetkan 100 wajib pajak bidang usaha restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir menggunakan sistem pencatatan dalam jaringan pada 2017..
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:00:46 WIB

    322.818 Anak di Riau Target CPC 2016

    PEKANBARU, Haluan — Sesuai hasil kesepakatan per­temuan nasional ‘Sosialisasi Advokasi dan Koordinasi Cra­sh Program Campak (CPC) Terintegrasi Pemberian Vi­tamin A dan Obat Cacing’ pada Jumat, (15/7/16) di Hotel Holi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]