Dewan Sindir Pemko

Target PAD Kerap Meleset


Selasa, 19 April 2016 - 02:40:16 WIB
Target PAD Kerap Meleset

PEKANBARU, HALUAN—Belum tercapainya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak di Dispenda Pekanbaru pada triwulan pertama tahun 2016 ini, mendapat sindiran dari kalangan DPRD Pekanbaru.

Menurut sejumlah kalangan di Dewan, sejauh ini Pemko dinilai hanya berwacana dalam meningkatkan PAD. Hal ini dibuk­tikan ketika belum tercapainya PAD tersebut.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

“Kita nilai Dispenda yag belum mak­simal menggali potensi pajak, serta belum mengerahkan SDM sesuai tupoksi yang sebenarnya.

Potensi pajak di Kota Bertuah ini, tidak hanya dari sektor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Penerang Jalan (PPJ) saja.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Tapi masih ada pajak restoran, hotel, reklame, tempat hiburan dan sebagainya. Setidaknya ada 13 sektor pajak di Kota Pekanbaru ini. Jadi jangan ini dijadikan wacana saja,” kata Tengku Azwendi pada wartawan, Senin (18/4).

Menurutnya, kondisi ini perlu dike­tahui jika angka yang ditargetkan awal oleh Dispenda, harusnya melebihi. Namun justru turun.

“Oleh karena itu kita ingatkan jika triwulan pertama ini, harus menjadi gambaran pada capaian hingga akhir tahun nanti,” kata Azwendi Fajri.

Seperti diketahui, hingga triwulan pertama ini, Dispenda Kota Pekanbaru mengaku baru mendapatkan PAD dari sektor pajak hanya sekitar Rp80 miliar. Padahal sebelumnya pihaknya me­nar­getkan pada triwulan pertama ini sebesar Rp100 miliar.

PAD dari sektor BPHTB dan PPJ merupakan yang paling banyak mem­berikan pemasukan. Angka itu baru 13 persen dari target Rp 680 miliar perta­hunnya. Lebih lanjut dipaparkannya, capaian PAD ini tentunya harapan peme­rintah, dalam rangka meningkatkan pem­bangunan daerah.

Namun tidak hanya bertumpu dengan wacana dan program saja. Tapi lebih kepada mencari terobosan untuk pening­katan PAD.

“Kita dari Komisi II menginginkan, agar Dispenda melakukan evaluasi secara menyeluruh, dengan menghasilkan 13 sektor pajak yang ada di kota ini, untuk peningkatan PAD,” imbuhnya.(ben)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]