Warga Cupak Kembali Giatkan Siskamling


Selasa, 19 April 2016 - 02:42:42 WIB

SOLOK, HALUAN—Maraknya aksi pen­curian dalam beberapa waktu belakangan telah membuat kenyamanan dan ketertiban warga menjadi terganggu. Menindaklanjuti hal itu, warga Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang,  kembali mengaktifkan siskamling atau ronda malam di nagari setempat. Kegiatan ini dilakukan sekaligus guna menekan angka kriminalitas, terutama mengatasi  aksi pencurian ternak, pen­curian kendaraan bermotor dan aksi keja­hatan lainnya di daerah itu.

“Aksi pencurian ternak  saat ini sudah semakin mengkhawatirkan. Pencuri seka­rang ini sudah semakin nekat, mereka bahkan berani beraksi tidak hanya di malam hari melainkan juga di siang hari. Makanya kita aktifkan kembali kegiatan siskamling” kata Dedi (36) salah seorang warga Cupak  kepada Haluan, Sabtu malam (16/4).

Kegiatan ronda malam ini kata Dedi, dilakukan warga secara bergiliran. Setiap lelaki berusia 20 sampai 50 tahun diwajibkan ikut ronda malam. ”Kami warga Cupak  berupaya bertindak dan berbuat secara bersama-sama  untuk menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif nagari ini,” jelasnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh pemuda Nagari Cupak bersama masyarakatnya ini, praktis mendapat apresiasi dan dukungan dari Kapolres Solok Arosuka AKBP Reh Ngenana.  Pihaknya bahkan mendorong masyarakat  nagari lainnya  untuk juga mengaktifkan kembali  Siskamling  dalam rangka memberikan rasa aman di ling­kungan sekitar. “Saya sangat mendukung sekali, masyarakat harus didorong agar meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan dengan menggalakkan kembali Siskamling,” katanya Reh Ngenana.

Dikatakannya,”Siskamling berfungsi mewaspadai terhadap segala bentuk keja­hatan di sekitar lingkungan masing-masing, jika terlihat adanya gerak-gerik yang mencurigakan maka akan cepat dilakukan tindakan antisipatif. Lantaran itu, dirinya meminta aparat pemerintahan dan masya­rakat di masing-masing nagari berperan aktif menghidupkan kembali Siskamling.  (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 16:36:56 WIB

    Selama 6 Bulan, 29 Warga Pariaman Terkena DBD

    Selama 6 Bulan, 29 Warga Pariaman Terkena DBD HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 29 warga Kota Pariaman tercatat kena demam berdarah (DBD) sejak Januari sampai Juni 2020. "Paling banyak terkena kasus tersebut, anak berusia 15 tahun kebawah," kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota .
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 11:28:33 WIB

    Agam Buncah, Seorang Warga Dinyatakan Positif Covid-19 Setelah Sebulan Tak Ada Kasus

    Agam Buncah, Seorang Warga Dinyatakan Positif Covid-19 Setelah Sebulan Tak Ada Kasus HARIANHALUAN.COM - Setelah lebih sebulan kasus Covid-19 melandai di Kabupaten Agam, bahkan 18 warga yang sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona juga telah sembuh. Namun, Minggu (28/6/2020) pagi kembali buncah, .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 18:31:40 WIB

    Kabar Baik, 42 Warga Puluik-puluik Dinyatakan Negatif Covid-19

    Kabar Baik, 42 Warga Puluik-puluik Dinyatakan Negatif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada 42 orang masyarakat yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sembako tersebut diterima oleh salah seorang peserta karantina.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 09:29:45 WIB

    Satu Warga Nagari Pilubang Sungai Limau Terima Bantuan RTLH

    Satu Warga Nagari Pilubang Sungai Limau Terima Bantuan RTLH HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kembali menggelontorkan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) bagi warga tak mampu di kabupaten ini, Kamis (25/6) di Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau. Bantuan tersebut dian.
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 20:20:37 WIB

    Sebanyak 42 Warga Karantina di Pessel Jalani Tes Swab

    Sebanyak 42 Warga Karantina di Pessel Jalani Tes Swab HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 42 orang warga Nagari Puluik-puluik, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan yang pernah kontak dengan pasien positif covid-19 asal Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi menjalani .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]