2017, Dispora Targetkan 50 Persen Sekolah UNBK


Selasa, 19 April 2016 - 02:46:33 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Dinas Pen­didikan Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto menargetkan ditahun 2017, setidaknya 50 persen SLTA dan SLTP dikota ini, akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Tahun ini baru ada 3 sekolah yang melaksanakan UNBK, yakni SMA SDI Silungkang untuk tingkat SMA, SMKN 2 Sawahlunto untuk tingkatan SMK dan SMPN 2, untuk tingkatan SLTP yang akan berlangsung pada Mei mendatang,” kata Marwan Kepala Disdikpora Sawahlunto menjawab Haluan.

Untuk merealisasikan target tersebut pihak Disdikpora menyerahkan kepada sekolah masing masing untuk kesang­gupannya, dan terus melakukan berbagai upaya untuk melengkapi kelengkapan dari persyaratan dalam melaksanakan UNBK itu sendiri diantaranya unit unit komputer beserta servernya, selain itu sekolah juga wajib menyediakan generator setting (genset), termasuk koordinasi dengan pihak lainnya seperti PLN dan Telkom untuk kelancaran pelaksanaannya.

Marwan menilai, ujian nasional berbasis komputer ini dirasakan lebih nyaman dan hemat biaya termasuk hemat waktu, karena para seserta tidak memerlukan waktu untuk mengisi biodata diri, selain itu ujian yang dilaksanakan satu mata pelajaran per harinya juga membuat para siswa lebih rilek ditambah dengan ruangan ujian yang memiliki pendingin membuat siswa lebih enjoy dan fokus menjawab soal yang ada.

“Kemungkinan terjadi keterlambatan soal atau tertukarnya soal serta ketidak jelasan soal, tidak akan ada pada UNBK, karena lebih mengakomodasi siswa dengan ketunaan seperti untuk “ low vision’’ tulisan dan gambar bisa diperbesar.(h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]