ASN Diminta Gunakan Fasilitas e-Filling


Selasa, 19 April 2016 - 02:47:11 WIB
ASN Diminta Gunakan Fasilitas e-Filling

SAWAHLUNTO,HALUAN — Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk memanfaatkan fasilitas e-Filling, untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Peng­hasilan.

Hal ini dilakukan supaya memberikan contoh kepada masyarakat atas adanya fasilitas lapor pajak secara online. Sesuai dengan arahan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi nomor 8 tahun 2015.

Melalui Surat Edaran tersebut, Menteri PAN-RB juga mengingatkan seluruh aparatur Negara untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, membayar pajak, serta mengisi dan menyampaikan SPT dengan benar, lengkap, jelas dan tepat waktu.

Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sawahlunto, Ilya Aria menyebutkan, Dengan e-Filling, Wajib Pajak mendapatkan kemudahan karena tidak perlu antre di Kantor Pelayanan Pajak atau mencari dropbox demi menyampaikan SPT.

Bagi Ditjen Pajak, penggunaan e-Filling mengurangi beban administrasi untuk me­nerima dan menyimpan SPT fisik.

Ia menambahkan, sosialisasi yang dila­kukan ini diharapkan mampu mendoron wajib pajak untuk menggunakan layanan e-Filling (online) dan e-SPT, sekaligus  menjalankan fungsi Pelayanan Publik tidak saja sebagai institusi yang diberi mandat mengawasi kepatuhan wajib pajak, namun juga me­n­jalankan fungsi pelayanan, yaitu melayani kebutuhan wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya, khususnya kewajiban pelaporan SPT Tahunan (e-Filling).

“Untuk penyampaian SPT Tahunan tahun sebelumnya yang saat ini sudah dimulai, para wajib  diharapkan sudah menggunakan e-Filing, karena akan memudahkan mereka untuk menyampaikan SPT (Tahunan) setiap saat, secara on-line, tanpa harus datang ke kantor pajak” terangnya

Sementara, Asisten Administrasi Peme­rintahan Setdako Sawahlunt, Irzam K mengap­resiasi penggunaan e-Filling dalam pelaporan SPT tahunan bagi ASN.

“Sebagai Aparatur Sipil Negara, sudah menjadi kewajiban kita untuk melaporkan SPT tahunan ini. Dan penggunaan e-Filling dalam pelaporan pajak akan semakin memudahkan kita,” pungkasnya.(h/mg-rki)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]